Soal Pose di Surat Suara yang Mirip di Pilkada DKI, Cak Imin: Kita Ingin Sapa Masyarakat

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat memberikan keterangan pers di sela-sela blusukannya di Glodok, Jakarta Barat, Jakarta, Kamis, 26 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

Jakarta – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bahwa pose yang dilakukan bersama Capres Anies Baswedan di surat suara Pemilu 2024 memang hasil dari diskusi panjang. 

KPU Akui Ada Ketidakakuratan Bikin Perolehan Suara PSI Melonjak

Diketahui, pose Anies-Cak Imin di surat suara Pilpres 2024 mirip pose Anies ketika maju di Pilkada DKI 2017. Saat itu, Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Cak Imin menuturkan, pose tersebut dilakukan untuk menyapa masyarakat Indonesia yang hendak memilihnya di Pilpres 2024.

Suara PSI Naik, Elite PKS Heran: Kok Tiba-tiba Dua Hari Terakhir Terjadi Pelonjakan

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat hadir di acara HUT ke-12 Partai Nasdem.

Photo :
  • VIVA/Zendy

"Yang pose (untuk surat suara) iya karena kita ingin, ya kita hasil diskusi lah ya kira-kira ingin menyapa masyarakat," ujar Cak Imin kepada wartawan, Jumat 1 Desember 2023.

PKS Tunggu Hasil Resmi KPU, Belum Putuskan Jadi Oposisi atau Pro-Pemerintah

"Begitu dengan sapaan begini kan (menunjukan pose 5 jari) sapaan lebih nyambung dengan para calon pemilih dan akhirnya ketika di dalam TPS tertarik untuk memilih," sambungnya.

Hal senada juga turut disampaikan oleh Capres nomer urut satu Anies Baswedan. Dia menyebutkan, pose tersebut sebagai bentuk sapaan hingga salam kemerdekaan. 

"Itu kan kami mau menyapa seluruh rakyat Indonesia. Sapaan ini adalah salam kemerdekaan kita, itu adalah sapaan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU RI, Yulianto Sudrajat meresmikan desain surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Berdasarkan foto yang dilihat VIVA, dalam specimen surat suara Pilpres 2024 itu tampak tiga pasangan calon (paslon) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pasangan Anies-Cak Imin kompak mengenakan pakaian berwarna putih serta jas dan peci hitam. Tak lupa keduanya mengenakan pin bertuliskan AMIN (Anies-Cak Imin) di jas sebelah kiri.

Di bawah foto pasangan AMIN, terdapat lambang partai politik yang mengusung yakni partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara untuk pasangan Prabowo dan Gibran kompak mengenakan kemeja berwarna biru muda. Di bawah foto keduanya, terdapat tujuh logo parpol yang mengusung, antara lain, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda.

Selanjutnya, paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak mengenakan pakaian berwarna hitam putih. Ganjar dengan kemeja hitamnya dan Mahfud mengenakan kemeja berwarna putih dan peci hitam. Di bawahnya juga terdapat 4 logo parpol yang mengusung yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hanura dan Perindo.

Yulianto mengatakan desain surat suara itu telah disetujui semua pihak dan dalam proses untuk dicetak.

“(Surat suara itu) sudah disetujui, berikutnya masuk proses di percetakan,” kata Yulianto saat dikonfirmasi, Rabu, 29 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya