Ingin Anggaran Banyak Untuk Gen Z, Cak Imin Kritik Kartu Pra Kerja: Bagus, tapi Bikin Malas

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/Zendy

Aceh - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, bertemu dan berdiskusi dengan anak muda Kabupaten Bireun, Aceh, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mendorong pemerintah untuk memberikan anggaran seluas-luasnya bagi pengembangan potensi anak muda. Apalagi, katanya, Indonesia akan mengalami bonus demografi. 

"Pemerintah harus mengeluarkan sebanyak-banyaknya anggaran untuk mengembangkan milenial dan Gen-Z," kata Cak Imin di Bireun, Aceh, dikutip Kamis, 7 Desember 2023.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), itu menjelaskan salah satu cara konkret dari pemerintah untuk mengembangkan milenial dan gen-z adalah pendidikan harus berkesinambungan dengan dunia kerja.

Saat ini, sebenarnya sudah ada program seperti kartu pra kerja. Tetapi menurut dia, program ini justru membuat orang malas setelah pelatihan.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

"Kartu pra kerja bagus, tapi membuat orang-orang malas setelah pelatihan. Anggaran pra kerja kita geser menjadi dana pemagangan masal di berbagai industri atau lembaga," kata dia.

Selain itu, Cak Imin juga meminta pemerintah memfasilitasi anak muda untuk berwirausaha dengan memberikan pinjaman tanpa bunga dan agunan. 

Jika pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) menang di Pilpres 2024, lanjutnya, maka akan fokus mengembangkan potensi sumber daya manusia. Seperti memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak muda untuk mengembangkan potensinya. Cak Imin juga ingin meningkatkan beasiswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

"Yang mau melanjutkan studi, ada dua jalur. Pertama, bagi yang memenuhi kualifikasi diberikan beasiswa. Kami ingin meningkatkan jumlah LPDP. Mahasiswa juga bisa lanjut S2 dengan sistem kredit," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya