Mardiono Ungkap Tak Ada Persiapan Debat Cawapres: Pak Mahfud Sudah Biasa

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengatakan, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud tak memiliki persiapan khusus untuk Mahfud MD yang akan debat perdana calon wakil presiden pada 22 Desember 2023 pekan depan. Menurutnya, Mahfud sudah terbiasa melakukan debat.

KPU Sebut Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur jika Daftar Pilkada 2024

"Oh, tentu kalau Pak Mahfud ini kan sudah biasa. Jadi saya pikir perdebatan itu sudah makanan hari-hari kok kepada beliau," kata Mardiono kepada wartawan di gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Desember 2023.

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu, 3 Desember 2023.

Photo :
  • Instagram Mahfud MD
PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Tak hanya Mahfud, Mardiono juga menyebut Ganjar Pranowo juga memiliki kemampuan untuk melakukan debat. Mengingat, kata dia, keduanya sedang dan pernah menjadi pejabat negara dan politisi di parlemen, Senayan.

"Sesungguhnya Pak Ganjar-Mahfud ini kan kalau dalam menghadapi sebuah perdebatan segala macam kan bukan barang baru ya. Karena beliau berdua ini sudah melalui fase sesuai dengan dinamika kebutuhan politik yang terjadi di dalam negeri kita. Seperti halnya misalnya, beliau-beliau pernah menempati di birokrasi, pejabat negara," katanya.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Di sisi lain, Mardiono menilai debat perdana calon presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa, 12 Desember sudah berjalan dengan baik. TPN Ganjar-Mahfud, kata dia, akan melakukan evaluasi terhadap debat perdana itu dalam rapat rutin 

"Tentu, tentu akan menjadi pembahasan ya. Walaupun itu sudah yang terbaik, tetapi nanti kita akan mengambil langkah-langkah yang lebih maksimal lagi. Agar rakyat Indonesia semakin meyakini atas pilihannya, di mana masih ada selisih yang belum menentukan pilihannya itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia bakal menggelar debat kedua pilpres 2024 pekan depan pada 22 Desember 2023. KPU mengaku sudah mulai menyiapkan nama-nama panelis untuk debat kedua itu.

"Sudah ada nama-nama cuman belum kita pastikan, kita matangkan lagi sesuai dengan tema yang akan diajukan," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip Rabu, 13 Desember 2023.

Debat Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, Hasyim menyebut belum bisa memastikan siapa saja nama-nama yang akan hadir sebagai panelis untuk debat kedua pilpres tersebut.

"Jadi kami belum bisa memastikan siapa saja nama-nama dari panelis yang akan disiapkan oleh KPU," ucap dia.

Kemudian, Hasyim juga belum bisa menentukan lokasi yang akan digelar untuk debat calon wakil presiden (cawapres) tersebut. Saat ini, lanjut Hasyim, pihaknya masih mematangkan seluruh rangkaian debat, baik panelis maupun lokasi 

"Tanggal 22 Desember 2023 (debat kedua). Lokasinya belum ada info dari grup televisi yang akan menjadi yang menyiarkan debat," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya