Mahfud MD: Perhatian Pemerintah terhadap Para Penyandang Disabilitas Perlu Ditingkatkan

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menemui perwakilan dari organisasi, pegiat dan penyandang difabel perempuan di Posko Teuku Umar 9, Jakarta, Kamis malam, 14 Desember 2023.
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD

Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menemui perwakilan dari organisasi, pegiat dan penyandang difabel perempuan di Posko Teuku Umar 9, Jakarta, Kamis malam, 14 Desember 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam pertemuan tersebut perwakilan penyandang difabel menyampaikan beberapa aspirasi dan kesulitan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Juga tentang minimnya bantuan dari pemerintah terhadap penyandang difabel.

"Ini juga harus menjadi perhatian kita bersama terutama akses-akses ini nanti kita tata kembali dan inventarisasi masalahnya," kata Mahfud merespons keluhan mereka di Posko Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Sejumlah warga penyandang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak suara pada Pemilu 2019 di TPS 09 Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar, Sulawesi Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Arnas Padda

Dalam kesempatan itu Mahfud juga mendengar langsung dari para pegiat difabel bahwa disabilitas tidak bisa disamaratakan, masing-masing punya karakteristik yang memerlukan perhatian yang berbeda.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Mahfud memahami kebijakan pemerintah untuk penyandang difabel tidak bisa dibuat seragam.

"Disabilitas itu tidak sembarang disabilitas, sehingga dibuat kebijakan yang seragam tidak bisa; tapi, misalnya, yang cerebral palsy ini kan ini saja sudah 6.000 (orang), belum disabilitas yang jenis lain," ujar Menko Polhukam itu.

Mahfud mengatakan pemerintah sudah mengatur agar setiap lapangan kerja baik milik pemerintah maupun swasta menyediakan kuota bagi penyandang difabel, meski kadang pada praktiknya masih ada kekurangan. Namun Mahfud menegaskan hal tersebut harus segera ditangani dan ditata ulang.

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md menemui perwakilan dari organisasi,

Photo :
  • Instagram Mahfud MD

"Menurut keluhan-keluhan yang tadi saya catat memang perhatian pemerintah perlu ditingkatkan. Undang-Undang Dasar (UUD) kita itu menyatakan setiap warga negara, itu dengan arti setiap orang, kalau artinya hak asasi, jadi kalau orang sehat maupun tidak sehat itu menjadi tanggung jawab negara untuk menjamin hak-haknya," kata Mahfud.

Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Suaranya Dalam Pemilu 2014

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Pasangan duet Mahfud, Ganjar Pranowo, mengatakan hal serupa dalam Debat Capres pertama pada 12 Desember. Ganjar mengatakan kelompok rentan harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan pelayanan publik berkeadilan.

Dia mengatakan selalu melibatkan kelompok rentan perempuan, penyandang disabilitas, lanjut usia, anak-anak, orang tua, serta kelompok rentan lain dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang).

"Kenapa? Agar pengambil keputusan aware. Mereka (pemimpin) peduli apa yang mereka (kaum rentan) rasakan," kata Ganjar.

Menurut dia, ketercakupan kelompok rentan dan pengambilan keputusan itu sangat penting dalam pembangunan, agar kepentingan semua pihak bisa diakomodasi dan tidak ada penolakan di kemudian hari.

"Kesetaraan dalam perencanaan pembangunan itulah yang kami harapkan bisa merepresentasikan apa yang mereka harapkan. Sehingga, fisiknya kalau bangun, mereka paham mana yang akan menggunakan, sehingga tidak ada lagi protes," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya