Debat Cawapres Besok, TKN Pede Gibran Berpengalaman Kelola Ekonomi

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Natania

Jakarta – Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Handoko yakin bahwa calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan memaparkan secara baik dan nyata terkait visi dan misi di bidang ekonomi, pada debat cawapres yang akan digelar Jumat, 22 Desember 2023.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Pasalnya, kata dia, Gibran telah berpengalaman mengelola ekonomi daerah selama menjabat Wali Kota Solo dan memahami pengembangan investasi daerah.

"Pemilih bisa menilai langsung bahwa Cawapres nomor urut 2 memang bicara konkret soal penerapan dari visi misi di bidang ekonomi saat debat cawapres besok," kata Handoko dalam keterangannya, Kamis, 21 Desember 2023.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Fajar Sodiq (Solo)

Handoko mengatakan, Gibran memiliki pengalaman sebagai pelaku usaha dan kepala daerah, maka Gibran diyakini menguasai persoalan dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Gibran Bakal Perkuat Regulasi demi Kurangi Dampak Negatif Kekerasan Game Online bagi Anak

"Kalau bukan pelaku ekonomi dan berpengalaman sebagai kepala daerah, tentu isu ekonomi hanya ada di tataran konsep yang mudah dikatakan tapi tidak mudah menerapkannya," kata Sekjen DPP Projo itu.

Di sisi lain, Handoko mengatakan salah satu visi dan misi Prabowo-Gibran yaitu mendorong generasi muda masuk ke dunia kewirausahaan.  Selain itu juga mendukung industri kreatif dengan meluncurkan Kartu Usaha Startup untuk pengembangan bisnis baru berbasis teknologi dan inovasi.

Prabowo-Gibran, lanjut dia, secara nyata mendorong digitalisasi UMKM sebagai salah satu jalan utama dalam memperkuat perekonomian Indonesia. "Yang menarik, Prabowo-Gibran bakal mengucurkan kredit startup milenial untuk generasi muda yang membuka usaha di bidang teknologi dan inovasi," ucap Handoko.

Kredit startup ini juga disebut melengkapi sejumlah program yang saat ini sudah dijalankan pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit mekar, wakaf mikro, dan kredit ekstra mikro.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memutuskan lokasi debat cawapres akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Debat kedua tersebut digelar pada Jumat, 22 Desember 2023.

Demikian disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, usai menggelar rapat finalisasi format debat kedua bersama tim sukses pasangan capres-cawapres serta media penyelenggara debat di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Debat cawapres diselenggarakan 22 Desember 2023, dimulai on air jam 19.00 WIB, tempat penyelenggaraan direncanakan di Jakarta Convention Center atau JCC di Jakarta,” kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 18 Desember 2023.

Hasyim menerangkan, durasi debat akan berlangsung selama 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri dari enam segmen. Pertama, yakni penyampaian visi, misi, serta program kerja masing-masing cawapres. 

“Kemudian segmen kedua dan ketiga, nanti akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis,” kata Hasyim.

Segmen keempat dan lima yakni masing-masing cawapres akan menyampaikan pertanyaan. Kemudian, pertanyaan itu akan diberikan kesempatan menanggapi pertanyaan yang diberikan kepadanya. “Persis seperti kita melaksanakan debat capres yang pertama," kata Hasyim.

Selanjutnya, segmen terakhir adalah pernyataan penutup dari masing-masing cawapres. Masing-masing cawapres akan menyampaikan kesimpulan dari topik yang dibahas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya