Mahfud Md 'Di-upgrade' Wawasan Ekonomi oleh Sandiaga Uno dan Harry Tanoe

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang juga calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum akan menggelar debat perdana calon wakil presiden. Debat rencananya digelar di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat malam, 22 Desember 2023. 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Debat akan mengusung tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat akan diikuti ketiga calon wakil presiden, yakni Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Gibran Raka (nomor urut 2), dan Mahfud MD (nomor urut 3).

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Banyak pihak meragukan kemampuan Mahfud MD dalam tema ekonomi. Sebab, selama ini Mahfud dikenal kepakarannya di bidang hukum. Benarkah ia tak banyak menguasai masalah ekonomi?

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menyebut Mahfud akan menegaskan posisinya untuk memperkuat hukum-ekonomi sehingga perekonomian akan maju, konsisten, stabilitas ekonomi.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Michael Victor Sianipar juga meyakini hal yang sama. Apalagi, kata dia, Mahfud sudah banyak mendapat masukan dari tim ekonomi TPN. “Pak Mahfud sudah mendapat masukan dari pelaku-pelaku ekonomi seperti Pak Arsjad, Pak Sandiaga, Pak Hary Tanoe, dan pebisnis lainnya,” katanya.

Selain masukan-masukan dari pelaku bisnis, Mahfud juga sudah menyerap aspirasi masyarakat, seperti saat dia bertemu nelayan di Marunda, Jakarta. Kondisi-kondisi di lapangan yang selama ini ditemui Mahfud sudah ada solusi yang akan ditawarkan.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tak hanya akan bicara kesejahteraan nelayan, kata Dini Ramadhani, juru bicara TPN lain, Mahfud juga akan memberantas ‘Bank Emok’ alias rentenir keliling yang kerap menawarkan pinjaman ilegal dengan syarat gampang namun berbuntut bungat mencekik.

Dengan segala macam bekal itu, Mahfud yakin siap bicara tentang isu yang akan diusung dalam tema debat nanti. “Saya baca persoalan-persoalan ekonomi dari media dan juga melihat di lapangan. Jadi, saya siap,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya