Gibran Tanya soal SGIE, Cak Imin: Namanya Istilah Banyak Sekali, Kebetulan Kita Lupa

Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan soal langkah cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ke depannya terkait dengan State Of Global Islamic Economy (SGIE). Cak Imin pun menjelaskan maksud tidak mengertinya pertanyaan dari Gibran itu dalam sesi debat.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

Cak Imin menjelaskan bahwa banyak sekali sebuah singkatan yang ada di Indonesia ini. Dia menuturkan barang kali ada sebuah singkatan yang dirinya lupa.

"Ya namanya istilah itu kan banyak sekali. Ada yang kadang kita hafal, ada yang kebetulan kita lupa singkatannya," ujar Cak Imin kepada wartawan usai debat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat malam, 22 Desember 2023.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menuturkan kalau pertanyaan tersebut pun tetap harus merujuk pada instansi yang jelas. Sebab, ekonomi di Indonesia itu merupakan hal yang sangat penting dalam negara Indonesia ini.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

"Tapi ini biasa, pertanyaan-pertanyaan yang bisa saja dimunculkan setiap saat, dan yang penting kita ngerti substansinya dan bisa menjelaskan dengan tepat, apa yang sebetulnya (dimaksud) kepentingan ekonomi syariah yang menjadi bagian dari kekuatan bangsa kita," kata Cak Imin.

Diketahui, Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka meminta maaf kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) karena memberikan pertanyaan sulit dalam debat calon wakil presiden. Sehingga, Cak Imin tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Gibran.

Awalnya, Gibran memberikan pertanyaan kalau Gus Muhaimin ini Ketua Umum PKB, tentu paham dengan apa yang hendak ditanyakan. Kata Gibran, bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE?

“SGIE saya tidak paham SGIE. Terus terang, saya tidak pernah mendengar SGIE,” jawab Cak Imin saat debat calon wakil presiden pada Jumat malam, 22 Desember 2023.

Kemudian, Gibran menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah sehingga otomatis harus mengerti juga dengan masalah SGIE. “SGIE itu state of global Islamic economy,” kata Gibran.

Misalnya, sekarang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal, fashion dan lain-lain. “Nah itu yang saya maksud Gus. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya