Di Pekalongan, Anies Bicara Kerap Difitnah: Itu Paling Gampang, Cukup Buat Dongeng dan Disebarkan

Capres Anies Baswedan kampanye di Pekalongan, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Pekalongan - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melakukan aktivitas kampanye dengan mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasyimi, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, 24 Desember 2023. Anies menyampaikan gagasannya terkait perubahan yang kerap dapatkan tantangan.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut Anies, maksud tantangan di antaranya adalah fitnah yang ditujukan kepada pihaknya. Sebab, ia menilai fitnah jadi upaya yang paling gampang untuk dibuat demi menjatuhkan pihak lawan.

"Menghalangi dengan membuat segala macam fitnah. Karena fitnah itu paling gampang. Cukup buat dongeng, disebarkan dan masuk ke kepala," kata Anies dalam keterangan resmi yang dikutip dari Antara.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Pun, dia menambahkan upaya-upaya fitnah terhadap pihaknya bukanlah suatu hal baru. Dia bilang tantangan tersebut kerap ia hadapi saat menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Lama-lama mereka melihat apa yang terjadi di Jakarta, kok beda ya dengan yang difitnahkan. Akhirnya mereka berbalik mengatakan untuk berhenti menyebar fitnah," lanjut eks Mendikbud itu.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Capres nomor urut satu Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Selain itu, ia mengatakan pasangannya yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga menghadapi tantangan. Dia menilai tantangan tersebut yakni ketika Muhaimin dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah dideklarasikan menjadi calon wakil presiden.

"Ketika dikasih label macam-macam, cuma berdoa semoga diberikan umur panjang supaya semua pernyataan itu dijawab dengan kenyataan, bukan dibalas dengan pernyataan lagi," ujar Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga pasangan capres cawapres sebagai kontestan Pilpres 2024. (Ant).

Adapun dari hasil pengundian dan penetapan nomor urut Pilpres 2024, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga sudah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya