KPU Cetak Lagi Surat Suara 31.276 Lembar untuk Dikirim ke Taiwan

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta -- Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa pihaknya akan kembali mencetak surat suara Pemilu 2024 untuk dikirim ke Taiwan. Jumlahnya sesuai dengan surat suara rusak di Taiwan, yakni 31.276 lembar.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

"Sehubungan dengan hal tersebut, KPU akan kirimkan surat suara pengganti untuk masing-masing jenis pemilu. Untuk menggantikan surat suara rusak, KPU menyiapkan 31.276 suara," kata Hasyim, Rabu, 27 Desember 2023.

Hasyim mengingatkan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taiwan untuk mengirim sisa surat suara 143.849 lembar sesuai jadwal. PPLN Taiwan diultimatum tidak membuat kesalahan yang sama. 

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi sambutan debat pertama Pilpres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

"Dikirimkan sesuai jadwal Peraturan KPU yaitu 2-11 Januari 2024. Sebelum PPLN Taiwan melakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara pilpres dan DPR RI, harus melakukan langkah-langkah," ujarnya.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Hasyim menerangkan, langkah-langkah yang dimaksud pihaknya, seperti memastikan surat suara yang diterima pemilih bukan merupakan surat suara rusak. Kemudian, memastikan surat suara rusak diberikan tanda silang pada bagian depan.

"Pada bagian tanda tangan ketua PPLN, menggunakan spidol, dan tidak akan  diperhitungkan dalam catatan surat suara. PPLN Taiwan diminta membuat berita acara tentang surat suara yang tidak dipergunakan dengan disaksikan peserta pemilu," kata dia.

Selain itu, Hasyim meminta PPLN Taiwan juga harus memasukan surat suara rusak ke dalam sebuah wadah khusus. Hal itu, demi aspek keamanan, supaya surat suara rusak tidak disalahgunakan.

"Memasukkan surat suara yang tidak diperhitungkan tersebut ke dalam sebuah kantong atau wadah yang sudah disediakan. Diikat untuk selanjutnya disimpan PPLN Taiwan dengan perhatikan aspek keamanan," ujarnya.

Sebelumnya, 31.276 lembar.surat suara metode pos itu dinyatakan rusak karena PPLN Taiwan mengirim tidak sesuai aturan. Dalam PKPU pengiriman metode pos mulai dilakukan pada 2-11 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya