Elektabilitasnya Masih di Bawah Prabowo-Gibran, Ganjar Yakin Rebound 14 Februari

Capres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Surakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo tak mau ambil pusing merespon hasil survei yang menempatkan posisinya di urutan kedua, di bawah pasangan Prabowo-Gibran pasca-debat cawapres beberapa waktu lalu.

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Ganjar tetap fokus bersama dengan Mahfud MD terus bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat, sekaligus menyampaikan visi misi pro kerakyatannya. 

"Ah, biasa saja dari dulu kan ada yang turun bahkan saya sebelumnya di nomor 3 sekarang jadi nomor 2, jadi ya biarkan itu menjadi debat para pengamat saja. Kalau saya akan turun terus bertemu masyarakat," kata Ganjar kepada wartawan di Surakarta, Rabu, 27 Desember 2023.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun menyikap hasil survei bersifat dinamis. Namun, Ganjar tidak menyangkal hasil survei dijadikan sebagai acuan, meskipun secara internal punya tim survei sendiri.  

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menggelar dialog di Mataram, Lombok

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar
Gerindra Hormati Sikap Ganjar Pilih Oposisi

Ia memberi contoh survei yang dikeluarkan Roy Morgan lembaga survei dari Australia yang menempatkan posisinya Ganjar-Mahfud di posisi teratas yang bisa jadi komparasi. Ganjar menyerahkan hal itu kepada publik.

"Kita sudah paham lah soal itu. Maka, kalau kita melihat trend-trend yang, eh, dulu saya pernah mengatakan nanti surveinya akan begini  dan akan banyak survei me-launch seperti itu, temen-temen ngga usah panik, ketemu saja dengan masyarakat terus-menerus karena kita juga punya kontrol sendiri," kata dia. 

Terpisah, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi sebelumya meyakini elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud akan rebound dan membalikan keadaan.

"Kita melihat Ganjar-Mahfud rebound, ya kita yakin rebound maka pada saatnya 14 Februari kita bisa unggul dari pasangan calon yang lain," kata TGB.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) RI di Pilpres 2024 pasca debat capres-cawapres.

Hasilnya, elektabilitas pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD membuntuti pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Ganjar-Mahfud bersaing dengan Prabowo-Gibran. Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi buncit.

“Elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md 24,5 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 46,7 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 21,0 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis surveinya, Selasa, 26 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya