Kader PPP Pindah Haluan Dukung Prabowo, Ganjar Pranowo Bilang Begini

Ganjar Pranowo saat debat perdana capres di kantor KPU.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Wonogiri - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo buka suara soal sejumlah kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) beralih mendukung pasangan capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Padahal, PPP merupakan salah satu partai pendukung duet Ganjar bersama Mahfud MD di Pipres 2024.

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Menurut Ganjar, adanya kader partai mendukung pasangan capres cawapres lain kemungkinan bisa terjadi. Dia menyinggung pembelotan bisa terjadi karena partai dinilai kurang tegas mengendalikan atau mendisiplinkan anggotanya. 

"Jadi, sebenarnya dalam konteks seperti ini, ketika partai tidak tegas betul mengendalikan anggotanya, maka split dukungan akan terjadi dengan model seperti itu (kader mendukung capres lain)," kata Ganjar di Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat, 29 Desember 2023.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Witjaksono, Koordinator Pejuang PPP yang Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Dia menyampaikan, kader yang mendukung capres yang tak didukung partainya dapat disebut sebagai oknum. Dukungan oknum ke capres yang tidak dukung partainya bisa terjadi di partai apa pun selain PPP. 

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

Ganjar bahkan mengungkapkan, sebelum dicalonkan sebagai capres PDI Perjuangan (PDIP), sikap anggota partainya pun berbeda-beda. Namun, setelah namanya diumumkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, maka seluruh kader merapatkan barisan untuk mendukungnya sebagai capres yang diusung partai. 

"Jadi, tugas kita adalah mengembalikan ke partai untuk mendisiplinkan kader agar bisa berpijak pada garis kebijakan dan suara partai," katanya.

Sebagai informasi, sejumlah kader PPP yang mengatasnamakan Pejuang PPP melakukan manuver dengan deklarasi mendukung Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Manuver Pejuang PPP itu berani berseberangan dengan keputusan politik DPP PPP yang sudah resmi mengusung duet Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Deklarasi dukungan oleh Pejuang PPP ini bahkan dihadiri Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Deklarasi tersebut dilakukan di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan dengan diikuti ratusan simpatisan pendukung.

Koordinator Nasional atau Kornas Pejuang PPP, Witjaksono, mengatakan deklarasi dukungan tersebut dilakukan secara terbuka yang berangkat dari niat tulus dari sejumlah pengurus PPP.

Dia menjelaskan alasan mendukung Prabowo-Gibran diambil pihaknya karena berdasarkan faktor kondisi bangsa dan negara saat sekarang serta ke depan. Kata dia, proses yang dilakukan juga panjang dengan pertimbangan matang serta memperhatikan sejumlah aspek.

“Pak Prabowo adalah sosok yang tepat untuk Indonesia dan kami bertekad memenangkan Pak Prabowo dan mas Gibran 1 putaran," ujar Witjaksono, Kamis 28 Desember 2023.

Pejuang PPP dalam deklarasi ini juga menyerahkan piagam berisi yang berisi beberapa poin dukungan terhadap Prabowo-Gibran yang dibacakan langsung oleh Witjaksono bersama kader PPP di depan Rosan Roeslani dan Wakil Ketua Umum Partal Gerindra, Rahayu Saraswatl beserta Jajaran TKN lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya