Pemilih Bimbang Tentukan Pilpres 2024 Dua atau Satu Putaran, Menurut Peneliti BRIN

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menyatakan bahwa suara dari para pemilih bimbang (undecided voters) akan menjadi penentu jalannya Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung satu putaran atau dua putaran.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

"Saya menyoroti persentase pemilih bimbang itu akan menjadi penentu jalannya Pemilu Presiden mendatang, akan tetap dua putaran atau mungkin berpotensi satu putaran," kata Wasisto di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2023.

Wasisto mengemukakan hal itu ketika menanggapi hasil survei nasional oleh Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia yang menyebutkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berpeluang paling besar masuk ke putaran kedua Pilpres 2024.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, suara dari para bimbang tersebut menjadi segmen yang akan diperebutkan oleh pasangan calon meskipun persentasenya relatif kecil. "Meskipun persentasenya kecil hanya 6-7 persen, paling tidak ini segmen akan diperebutkan semua pasangan calon," katanya.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Ia beranggapan hasil survei yang menempatkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di putaran kedua tersebut masih akan terus berkembang. Apalagi KPU masih akan menggelar tiga kali debat capres/cawapres yang berpotensi memengaruhi pemilih bimbang dalam menentukan jagoannya.

Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center, Kamis, mengatakan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berpeluang paling besar masuk ke putaran kedua Pilpres 2024.

Ketua FAPTI Andre Rahadian menjelaskan hal tersebut bisa terjadi karena hasil survei menunjukkan belum ada pasangan calon yang memiliki suara lebih dari 50 persen.

Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran, dan peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud," kata Andre di Jakarta, Kamis. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya