Soal Politik Luar Negeri, Prabowo: Kita Akan Jalankan Politik Tetangga Baik

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, memaparkan visi-misinya dalam bidang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar KPU RI Minggu malam, 7 Januari 2024. Dalam pemaparannya, Prabowo memaparkan mengenai arah politik luar negeri jika dirinya memimpin jadi Presiden.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

"Politik luar negeri kita secara tradisi sejak awal kita merdeka adalah bebas aktif, adalah non blok, tidak memihak, tidak ikut blok-blok, tidak ikut pakta, ini akan saya teruskan, dengan hubungan baik dengan semua kekuatan kita bisa mengamankan kepentingan nasional kita," Kata Prabowo, Minggu, 7 Januari 2024.

Prabowo-Gibran Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Dia mengungkapkan filosofinya di dunia pertahanan. Menurutnya, Seribu kawan terlalu sedikit dan satu lawan terlalu banyak. "Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Kita akan menjalankan politik tetangga baik," ujar Prabowo.

"Kita bertekad harus punya pertahanan yang kuat, mungkin ada yang asal bicara tanpa data, mungkin didorong oleh ambisi menggebu-gebu sehingga tak objektif,"kata Prabowo.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Sebagai menteri pertahanan, Prabowo berpegang pada doktrin, pada strategi nasional dan semua dilakukan atas dasar kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.

"Dan saya berkeyakinan hanya dengan pertahanan yang kuat kita akan dihormati, kita akan menjaga kepentingan nasional kita,"kata Prabowo

"Kalau kita buka buku ilmu pengetahuan paling dasar, kekuatan nasional harus ada kekuatan militer, tanpa kekuatan militer sejarah peradaban manusia mengajarkan bahwa bangsa itu akan dilindas seperti di Gaza sekarang ini. Akan diambil kekayaannya akan diusir dari tanah airnya tidak bisa tidak, kita harus kuat," ujarnya

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Sedangkan debat ketiga digelar malam hari ini, Minggu 7 Januari 2023. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat debat perdana capres.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun tema debat pertama lalu membahas tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua, membahas ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga malam ini, membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya