Presiden Jokowi Kunjungi Tiga Negara Ini saat Peringatan HUT PDIP

Presiden Jokowi di Kabupaten, Serang, Banten.
Sumber :
  • Akun X @jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di ASEAN selama 6 hari kedepan. Dimulai pada Selasa, 9 Januari hingga Minggu 14 Januari 2024. Kunjungan ini dilakukan di saat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, akan melaksanakan hari ulang tahun atau HUT.

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

"Pada tanggal 9 sampai dengan 14 Januari 2024, Presiden diagendakan kunjungan ke tiga negara yaitu Vietnam, Filipina dan Brunei Darussalam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana pada Senin, 8 Januari 2024.

Jelas dia, kunjungan Presiden Jokowi ke tiga negara tersebut sudah dipersiapkan sejak beberapa waktu yang lalu. Sehingga, agenda Jokowi tersebut bukan untuk menghindari peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan yang jatuh pada 10 Januari 2024.

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP

"Persiapan kunjungan ke tiga negara tersebut sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Seperti yang disampaikan Bapak Presiden, sampai saat ini Presiden belum menerima undangan untuk menghadiri HUT ke-51 PDIP," jelasnya.

Namun, ia menyebut untuk agenda Presiden Jokowi di beberapa negara ASEAN, akan disampaikan detailnya oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Hanya saja, kata dia, Presiden Jokowi akan memimpin Sidang Kabinet Paripurna sebelum berangkat.

Ratusan Kendaraan Listrik Siap Kawal HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

"Rencana berangkat sore tanggal 9 Januari 2024. Paginya, Bapak Presiden masih memimpin Sidang Kabinet Paripurna," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Jokowi mengaku belum mendapatkan undangan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan yang jatuh pada Rabu, 10 Januari 2024. Namun, Jokowi berencana akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di ASEAN pekan ini.

“Belum dapat undangan,” kata Jokowi pada Senin, 8 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya