Ulama dan Kiai di Pangandaran-Ciamis Yakin Ganjar-Mahfud Dapat Benahi Penegakan Hukum di Indonesia

Halaqoh Kebangsaan Jaringan Ahlussunnah Wal Jamaah Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Pangandaran - Para ulama dan kiai di Kabupaten Pangandaran dan Ciamis meyakini calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD bisa membenahi keadaan negeri lewat penegakan hukum yang lebih baik.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Oleh karena itu, mereka menyatakan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud dalam kegiatan Halaqoh Kebangsaan Jaringan Ahlussunnah Wal Jamaah Indonesia di Pondok Pesantren Al Muhaimin Cijantung 3 Kabupaten Pangandaran, dikutip Minggu, 14 Januari 2024.

“Ada PR yang perlu ditingkatkan yaitu tentang penegakan hukum. Sementara, untuk bagaimana ekonomi itu bangkit lebih baik itu berawal dari penegakan hukum,” ujar KH Ma'ruf Zarkasih sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al Muhaimin Cijantung 3.

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang

Halaqoh Kebangsaan Jaringan Ahlussunnah Wal Jamaah Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Pada kegiatan itu, para ulama dan kiai dari berbagai pondok pesantren di wilayah Pangandaran-Ciamis melakukan diskusi tentang figur pemimpin negara dan situasi menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Ganjar-Mahfud Gak Nongol di Penetapan Prabowo, Nusron: Harusnya Perlihatkan Kenegarawanan

Menurut mereka, permasalahan yang belum ditangani secara optimal di Indonesia saat ini adalah penegakan hukum, sehingga hal itu diharapkan menjadi pekerjaan rumah dari para capres-cawapres.

Dari permasalahan itu, para ulama dan kiai kompak menilai capres-cawapres yang memiliki kompetensi dan komitmen dalam penegakan hukum adalah pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud.

Ma'ruf beralasan, Ganjar memiliki rekam jejak dan prestasi yang gemilang di eksekutif sebagai Gubernur Jawa Tengah dan di legislatif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Sedangkan, Mahfud MD juga berpengalaman di pemerintahan sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum Keamanan dan Ketua Mahkamah Konstitusi yang merupakan lembaga yudikatif.

“Sosok Pak Ganjar-Mahfud ini sosok yang tepat karena beliau basic-nya dari legislatif, eksekutif dan yudikatif. Makanya, sangat-sangat cocok, sangat-sangat baik dua sosok ini (menjadi Presiden-Wakil Presiden),” tuturnya.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain dalam penegakan hukum, para ulama dan kiai di Pangandaran-Ciamis juga membahas berbagai kendala dalam program pengembangan pondok pesantren yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Untuk pesantren, saat ini memang sudah diakui dengan undang-undang pesantren. Pemerintah juga sudah banyak perhatian. Cuma, kami dari pihak pesantren masih sulit untuk mengakses bantuan-bantuan itu,” kata Ma'ruf mengeluh.

Dia berharap pasangan Ganjar-Mahfud lebih memperhatikan Pondok Pesantren dengan mempermudah akses bantuan dari pemerintah, setelah mereka terpilih menjadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029.

“Saya berharap ke depan, kalau ridho Allah menyertai Ganjar-Mahfud ini, pesantren lebih diperhatikan lagi dan aksesnya (untuk mendapatkan bantuan) dibuat lebih mudah lagi,” tutur Ma'ruf optimistis Ganjar-Mahfud sesuai harapannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya