Prabowo-Gibran Didukung 45 Persen Partai Parlemen, Airlangga Tak Risau Isu Koalisi 01 dan 03

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lombok Tengah - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo-Gibran tidak khawatir dengan adanya isu terbentuknya koalisi baru antara pasangan calon nomor urut 1 dan 3.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"'Kan partai yang mendukung Pak Prabowo Gibran 'kan 45 persen [partai politik di DPR DRI), jadi kami enggak khawatir," kata Airlangga saat ditemui di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 14 Januari 2024.

Menurut dia, saat ini koalisi di belakang Prabowo-Gibran sangat kuat. Elektabilitas keduanya juga dinilai stabil mengungguli Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Hotel Pullman, Lombok, NTB, Minggu, 14 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Walda

Airlangga yakin koalisi yang terbentuk antara paslon nomor urut 1 dan 3 tidak akan menghalangi kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran dalam Pemilu Presiden nanti.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Ketika menyinggung kesempatan untuk berkomunikasi dengan salah satu lawan untuk membangun koalisi, Airlangga mengaku belum merencanakan hal tersebut.

"Yang penting sekarang menangkan dahulu Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota Legislatif dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres), sesudah itu baru berbicara lagi," kata dia.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya