Terima Pengunduran Maruarar dari PDIP, Hasto: Ara Semakin Berhasil Sebagai Pengusaha

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • PDIP

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto menerima pengunduran diri dari Maruarar Sirait sebagai kader partai. Hasto pun menyinggung soal prinsip kesukarelaan menjadi anggota partai.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

"DPP Partai telah menerima laporan dari Pak Utut Adianto bahwa Pak Ara Sirait telah mengajukan pengunduran diri dengan menyerahkan KTA Partai. Menjadi anggota Partai didasarkan pada prinsip kesukarelaan demikian halnya untuk tidak menjadi anggota dapat mengajukan pengunduran diri," ujar Hasto dalam keterangan resminya, Selasa, 16 Januari 2024.

Hasto juga menyinggung soal keberhasilan Maruarar sebagai seorang pengusaha.

Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Maruarar Sirait

Photo :
  • VIVA/ Adi Suparman.

"DPP Partai menerima pengunduran diri Pak Ara Sirait. Terlebih dengan kondisi Pak Ara sekarang yang sudah semakin berhasil sebagai pengusaha. Beberapa foto Pak Ara dengan pengusaha menunjukkan keberhasilan itu," ucapnya.

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini

Hasto menilai pengunduran diri Maruarar juga bagian dari konsolidasi partai. PDIP, kata dia, tetap berjuang menempatkan kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin.

"Pengunduran diri tersebut sebagai bagian dari konsolidasi kader Partai, mengingat pengunduran diri terjadi pada saat Partai sedang berjuang untuk menempatkan kedaulatan rakyat sebagai hukum tertinggi di dalam menentukan pemimpin, dan sekaligus melakukan koreksi terhadap berbagai upaya yang mencoba untuk melanggengkan kekuasaan sampai harus terjadi pelanggaran etik berat oleh Anwar Usman melalui manipulasi hukum di MK," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Maruarar Sirait mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP di DPP usai memutuskan untuk pamit dari partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu. Proses pengembalian KTA itu diterima oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP, Utut Adianto.

"Pak utut sahabat saya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan, saya ijin pamit dari PDI Perjuangan. Sampaikan salam hormat kepada ibu ketua umum, Bu Mega, Mas Hasto Sekjen dan teman-teman para senior dan juga sahabat-sahabat junior," kata Maruarar yang diunggah dalam akun instagram resminya, Senin, 15 Januari 2024.

Pria yang akrab disapa Ara ini juga meminta maaf kepada seluruh kader dan sahabat di PDIP. Ia juga berterima kasih, karena telah diberi kesempatan untuk berkarir dalam bidang politik.

"Karena saya selama ini banyak kekurangan, saya mohon maaf. Saya juga berterima kasih sudah diberikan kesempatan berpolitik, dan ijin saya mengikuti langkah daripada bapak Jokowi," ujarnya.

Maruarar Sirait

Photo :
  • Istimewa

Di sisi lain, Ara mendapatkan informasi bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus meningkat. Maka itu, Ara memutuskan untuk mengikuti langkah Presiden Jokowi.

"Saya percaya dan saya cocok hati saya dan nurani saya. Karena Pak Jokowi banyak memanusiakan rakyat Indonesia dan juga kami. Saya juga dapat data, kepuasan publik kepada Pak Jokowi itu sangat tinggi dan saya adalah bagian dari rakyat Indonesia yang memilih untuk mengikuti pak Jokowi," kata Ara.

"Mohon maaf sekali lagi kalau banyak kekurangan pak, saya kembalikan kartu anggota ini, memang betul bapak saya pendiri PDI Perjuangan dan saya bapak saya juga mengatakan, jagalah, belalah pak Jokowi, karena dia baik dan benar. Jadi, itu Pak Utut saya ngomong apa adanya, sesuai dengan hati saya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya