Kaesang: Saya Jauh Lebih Happy di Politik, Enggak Tahu Kenapa

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat bertemu dengan para pemengaruh (influencer), UMKM, Tim Kampanye Daerah dan Media di Bandar Lampung, Lampung, Jumat, 19 Januari 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Indra Arief Pribadi

Bandar Lampung - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia yang juga putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengungkapkan dirinya lebih senang (happy) berkarier di politik dibandingkan selama berada di dunia bisnis.

Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

"Saya harus ngomong, selama saya berkarier di bisnis, saya jauh lebih happy di politik, saya enggak tahu kenapa," kata Kaesang saat bertemu para pemengaruh (influencer), UMKM, tim kampanye daerah dan media di Bandar Lampung, Jumat, 19 Januari 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Kaesang untuk menjawab pertanyaan dari salah satu peserta pertemuan tentang kesan selama menjadi Ketua Umum PSI.

Jabar dan Gorontalo Jalin Kolaborasi Promosi Produk UMKM

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengawali safari politiknya di Pulau Sumatera, Jumat, 19 Januari 2024, dengan bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Bandar Lampung.

Photo :
  • ANTARA/Indra Arief Pribadi

Meski demikian, Kaesang mengaku belum tahu mengapa lebih menyukai bidang politik. Ia lantas menceritakan kesannya saat awal-awal menjadi Ketua Umum PSI.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

Menurut Kaesang, yang juga merupakan pengusaha UMKM, masa-masa awal menjadi Ketum PSI adalah masa yang berat. Ia membandingkan pekerjaan satu pekan menjadi ketua umum parpol sama dengan pekerjaan 2,5 tahun di bisnis.

"[tahun] 2021 ada project (proyek) dan baru bisa selesai tuh 2,5 tahun, tepat satu bulan sebelum jadi Ketum PSI dan sebagai Ketum PSI, seminggu tuh sama kaya project saya 2,5 tahunlah. Di politik tuh seminggu terasa banget beratnya," ujarnya.

Kaesang menambahkan sebagai pemimpin partai politik, dia harus memimpin calon anggota legislatif hingga pengurus partai. "Walaupun sebenarnya kalau di perusahaan saya punya banyak uang, tapi di politik, saya isi uang ya," kata dia.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bandar Lampung menjadi kota pertama safari politik Kaesang ke Pulau Sumatera. Di kota tersebut, Kaesang bertemu dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaedi.

Kemudian, Kaesang juga dijadwalkan bertemu dengan relawan Jokowi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Setelah itu, Kaesang menghadiri Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) PSI, sebelum bertolak ke Padang, Sumatra Barat.

Kemudian, pada Sabtu, putra bungsu Presiden Jokowi itu dijadwalkan melakukan kunjungan ke Tarakan, Kalimantan Utara. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya