Gibran Janjikan 19 Juta Lapangan Kerja, 5 Juta di antaranya dari Green Jobs

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka menjanjikan akan menciptakan sedikitnya 19 juta lapangan pekerjaan jika dia dan pasangannya Prabowo Subianto memenangi Pemilu Presiden 2024.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Gibran meyakini, 19 juta lapangan pekerjaan itu akan tercipta jika pemerintah kelak melanjutkan program hilirisasi yang telah dirintis oleh pemerintahaan Presiden Joko Widodo selama sedikitnya lima tahun terakhir.

"Jika agenda hilirisasi pemertaan pembangunan, transisi energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa kita kawal, insyaallah, akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaaan untuk generasi muda dan kaum perempuan," kata Gibran dalam pemaparan visi dan misinya pada forum Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu malam, 21 Januari 2024.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Sebanyak 5 juta lapangan pekerjaan di antaranya, kata Gibran, adalah green jobs, yaitu "peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan; green jobs adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan".

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat KPU.

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, menurut Gibran, untuk mendorong kesejahteraan petani, pemerintah akan mendorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah. Untuk menjaga stabilitas harga pangan, Prabowo dan Gibran akan dioptimalkan peran dari TPID, Bulog, dan Badan Pangan.

"Untuk meningkatkan produktivitas, akan kita dorong terus mekanisasi. Generasi muda akan kita dorong melalui smart farming. Agenda reforma agraria akan kita lanjutkan juga terkait kepemilikan tanah dan juga pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya