Mahfud: Deso Mowo Coro, Negoro Mowo Toto

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD mengklaim bahwa capresnya, Ganjar Pranowo telah menerapkan program 1000 Embung, Desa Mandiri, Mandiri Energi dan Mandiri Pangan hingga Pembangunan Irigasi dalam rangka mengatasi persoalan yang terjadi di desa.

Mahfud Khawatir Korupsi Meluas dan Merusak Negara jika Jumlah Kementerian Bertambah

Hal itu disampaikan Mahfud MD dalam debat cawapres bertemakan Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa, di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Belasan Desa di Luwu Terisolasi akibat Banjir dan Longsor, BNPB Kerahkan Helikopter dan Pesawat

“Lalu di Daerah Istimewa Yogyakarta ada satu daerah panggungharjo, Desa panggungharjo itu dikenal sangat maju koperasi Jalan, Irigasinya Jalan, UMKMnya Jalan dikelola oleh desa itu dengan baik,” kata Mahfud. 

Kendati demikian, Mahfud menyesalkan masih ada desa-desa yang lamban perkembangannya karana negara terlalu banyak mengintervensi hal-hal yang siap tanya admistratif. Seharusnya, kata Mahfud, Deso Mowo Coro, Negoro Mowo Toto atau “Desa membawa cara, negara membawa penataan”.

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Nah masalahnya sekarang sebenarnya ada pepatah  Deso Mowo Coro, Negoro Mowo Toto, ini yang di daerah-daerah lain tidak jalan negara terlalu intervensi ke desa dalam soal-soal hal administratif,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya