Meutya Hafid: Presiden Hanya Menegaskan Aturan, Bukan Deklarasi Keberpihakan

Ketua Komisi I DPR RI yang juga politisi Partai Golkar, Meutya Hafid (tengah)
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Ketua Komisi I DPR RI yang juga politisi Partai Golkar, Meutya Hafid menjelaskan bahwa pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo Rabu pagi, 24 Januari 2024 di Pangkalan AU Halim Perdanakusuma hanya dalam konteks menjelaskan aturan tentang menteri yang akan melakukan kampanye

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Meutya yang juga hadir langsung saat presiden memberikan pernyataan menyebut pernyataan Presiden Jokowi tersebut tidak bisa diartikan sebagai keberpihakan. 

Ketua Komisi I DPR RI yang juga politisi Partai Golkar, Meutya Hafid

Photo :
  • Dok.Istimewa
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Sebetulnya konteksnya adalah, Presiden dimintai tanggapannya terhadap menteri yang berkampanye. Lalu presiden menyampaikan bahwa semua menteri, bahkan termasuk presiden  memiliki hak yang sama. Boleh berpihak, boleh kampanye asal tidak menggunakan fasilitas negara,” jelas Meutya Hafid usai melaksanakan Konferensi Pers di Media Center TKN Prabowo Gibran di wilayah Senopati, jakarta Selatan, Rabu, 24 Januari 2024. 

Meutya juga membeberkan satu lagi jawaban presiden dari pertanyaan lanjutan lain yang meyakinkan dirinya bahwa Presiden Jokowi masih menjaga netralitas. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Presiden juga kemudian ditanya mengenai apakah akan menggunakan hak-tersebut, dan dijawab, ‘Kita lihat nanti’,” cerita Meutya. 

“Kata kuncinya adalah ‘kita lihat nanti’. Jadi artinya beliau tidak menutup kemungkinan berpihak, tapi beliau sampai saat ini masih netral. Sekali lagi penjelasan presiden tadi pagi, hanya dalam konteks menjawab pertanyaan tentang menteri yang kampanye,” pungkas Meutya. 

Ketua Komisi I DPR RI yang juga politisi Partai Golkar, Meutya Hafid

Photo :
  • Dok.Istimewa

Sebelumnya tadi pagi, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Presiden boleh berkampanye dan juga boleh memihak.

“Presiden tuh boleh lho kampanye, Presiden boleh memihak, boleh,” Ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kemudian pernyataan Jokowi menimbulkan perdebatan lantaran diduga berpihak kepada salah satu paslon yang berdampingan dengannya saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya