Heboh Kampanye PAN di Makassar Libatkan Anak di Bawah Umur, Bawaslu Selidiki

Kampanye Partai PAN Libatkan anak di bawah umur. (Foto. Istimewa/ Dokumen Warga)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Makassar – Heboh Partai Amanat Nasional (PAN) melibatkan anak di bawah umur saat melakukan kampanye di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kampanye yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno itu sontak saja menjadi sorotan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Informasi yang diperoleh VIVA, partai koalisi Capres-Cawapres Prabowo-Gibran itu tidak hanya melanggar terkait keterlibatan anak-anak di bawah umur saja, dalam surat edaran partai yang berwarna biru putih ini juga terungkap bahwa mereka melakukan kampanye terbuka, padahal Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menetapkan 3 lokasi untuk kampanye terbuka, yaitu Lapangan Karebosi, Lapangan Hertasning, dan Lapangan Bumi Tamalanrea Indah (BTP).

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan mencari informasi awal soal kehadiran anak di bawah umur tersebut. Setelah itu, pihaknya akan memanggil panitia penyelenggara kampanye partai yang diketuai Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan itu.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

“Iya, untuk saat ini kami masih mencari informasi awal terlebih dahulu, setelah itu baru kami akan melakukan penyelidikan,” ungkap Dede saat dikonfirmasi, Kamis, 25 Januari 2023.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

Photo :
  • Istimewa
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Dia mengaku bahwa kesalahan dilakukan partai berlambang matahari terbit itu tidak hanya saat berkampanye. Pengurus PAN juga disebut telah salah memasukkan surat lapoan. Kendati begitu, kata Dede, pihaknya di Bawaslu langsung melakukan koordinasi dengan KPU Kota Makassar.

“Surat pemberitahuannya juga ditemukan salah. Karena seharusnya bukan rapat umum atau kampanye terbuka, melainkan kampanye terbatas. Itu sudah kami dikoordinasi kan juga dengan KPU. Dan juga sudah meminta agar mengubahnya menjadi rapat terbatas,” katanya.

Sekadar informasi, kampanye Partai Amanat Nasional itu digelar di Gedung Olahraga (GOR) Anugrah Jalan Sultan Dg Raja, Makassar, Sulsel, Rabu 24 Januari 2023 kemarin. Kampanye itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya