Mahfud MD: Saya Tak Akan Korbankan Reputasi Hanya karena jadi Wapres 5 Tahun

Mahfud MD Hadiri Acara 'Tabrak Prof' di Bandar Lampung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Bandar Lampung - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan komitmennya apabila dirinya terpilih sebagai Wakil Presiden, bahwa dirinya akan tetap menjadi pendekar hukum, tidak akan mengorbankan reputasinya yang panjang di bidang penegakan hukum.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Hal tersebut ditegaskan Mahfud saat menjawab pertanyaan dari Mega, anak muda kreatif asal Lampung, yang hadir di acara diskusi bareng generasi muda bertajuk “Tabrak Prof”, Kamis, 25 Januari 2023 malam.

"Saya akan tetap menjadi pendekar hukum, karena justru saya diangkat oleh koalisi untuk menjadi cawapres itu tugasnya penegakan hukum," ujar Mahfud di Bandar Lampung, dikutip Jumat, 26 Januari 2024.

Irak Sahkan UU Anti LGBT, Melanggar Bisa Dipenjara 15 Tahun

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

Mahfud mengungkapkan reputasinya selama sekitar 44 tahun berjuang di bidang hukum, sejak mahasiswa kemudian selama masa reformasi dan hingga saat ini.

Janda di Bandar Lampung Ditipu Dukun Alami Kerugian Rp81 Juta

"Gerakan saya di bidang hukum, saya tidak akan mengorbankan reputasi saya yang panjang di bidang hukum hanya karena menjadi wapres 5 tahun," tegas Mahfud.

Dalam diskusi tersebut, Mega bertanya kepada Mahfud apakah ketika dia nanti menjadi Wapres akan tetap menjadi pendekar hukum?

"Prof kan punya julukan Pendekar Hukum. Apakah ketika nanti menjadi Wapres akan tetap menjadi pendekar hukum? Berani tidak memenjarakan, memiskinkan dan menghukum orang-orang yang korupsi yang menyalahgunakan kekuasaan?" tanya Mega.

Di hadapan Mahfud, Mega mengaku kurang suka bahkan muak dengan kondisi politik karena ada istilah politik balas budi.

"Kemarin Grace Natalie bilang apakah etis Prof Mahfud menanyakan impor kepada Mas Gibran yang otomatis mengkritisi pemerintah saat ini dimana Prof Mahfud masih ada di dalamnya. Tapi saya tidak setuju dengan catatan itu, menurut saya atasan, bawahan, teman kalau salah ya salah," jelas Mega.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

Terkait hal itu, Mahfud menegaskan kalau ingin memperbaiki maka harus berani juga mengkritik ke dalam, termasuk seperti dirinya yang berani mengkritik soal impor berbagai jenis kebutuhan pangan. 

“Ya kritik dong, kan dulu janjinya tidak akan pernah impor, kok sekarang makin banyak. Kalau tidak mau mengkritik itu dan tidak mau dikritik, berarti orang itu tidak mau Indonesia ini maju,” kata mahfud

“Itu biasa saja apalagi itu untuk program politik yang sangat panjang 5 tahunan, tidak apa-apa, tidak boleh menyembunyikan sesuatu yang seharusnya diketahui oleh publik ya harus kita kritisi, apapun itu, karena saya bagian dari Kabinet ya saya kritik, kalau itu anak buah saya, saya pecat, bukan saya kritik saja,” pungkas Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya