Ganjar Kasih Bocoran Kapan Mahfud MD Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi

Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di acara debat Cawapres 2024
Sumber :
  • Dok Ganjar

Manggarai – Calon presiden Ganjar Pranowo membocorkan waktu yang pas untuk Mahfud MD mengumumkan secara resmi pengunduran diri Mahfud dari kabinet Presiden Joko Widodo.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menurut Ganjar, rencana Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) itu untuk mundur dari jabatannya telah direncanakan jauh-jauh hari tidak seperti yang dispekulasikan karena ketidaksukaan dengan Presiden Jokowi.

Juga, sebutnya, rencana pengunduran diri Mahfud tidak terkait dengan arahan partai tertentu melainkan telah didiskusikan dengan Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Capres 03 Ganjar Pranowo saat kampanye terbuka di Ruteng, Manggarai, NTT

Photo :
  • Dok Ganjar

Seperti disampaikan Ganjar Pranowo kepada awak media usai melaksanakan kampanye akbar di Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur, Jumat 26 Januari 2024 bahwa surat pengunduran diri Mahfud akan diserahkan ke pihak istana tinggal menghitung hari.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

“Kami sebenarnya sudah bagus berdiskusi berdua dan sebenarnya diskusinya panjang dan saya hormat respect betul sama beliau karena sebenarnya bukan kemarin ini sudah lama beliau sampaikan,” ungkap Ganjar Pranowo.

“Beliau akan menyampaikan hal itu (pengunduran diri) pada momen yang tepat. Saya tahu persis beliau masih banyak PR yang perlu diselesaikan. Ada beberapa hal penting yang sekarang dalam pekerjaan beliau kewenangan beliau sehingga beliau merasa mudah-mudahan segera kalau sudah tuntas akan segera mengambil Keputusan,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pertimbangan Mahfud MD belum langsung mundur dari jabatannya semata-mata menghindari spekulasi selain memang kakarena masih banyaknya PR yang segera diselesaikan Mahfud MD.

“Saya support karena akan menjadi contoh buat yang lain,” tutup Ganjar.

Kampanye Molor Berjam-jam

Capres 03 Ganjar Pranowo saat kampanye terbuka di Ruteng, Manggarai, NTT

Photo :
  • Dok Ganjar

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghadiri kampanye di Manggarai Nusa Tenggara Timur Jumat 26 Januari 2024.

Kampanye akbar tersebut dihadiri tak kurang dari 20 ribu massa pendukung. Tidak saja penduduk Kabupaten Manggarai, massa yang memadati Stadion Golo Dukal Ruteng juga berasal dari kabupaten tetangga, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Kampanye yang sedianya dimulai pukul 10.00 WITA baru bisa dilaksanakan pada pukul 14.30. Hal itu akibat cuaca buruk yang melanda wilayah Manggarai sejak Jumat subuh membuat pesawat Ganjar Pranowo dan rombongan tidak dapat mendarat di Bandara Frans Sales Lega Ruteng.

Ganjar Pranowo baru bisa terbang ke Ruteng setelah menunggu berjam-jam sampai cuaca cerah kembali. Capres yang didukung PDIP itu menggunakan helikopter dan tiba di Bandara Frans Sales Lega sekitar pukul 13.30 WITA.

Laporan: Jo Kenaru/NTT 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya