Ganjar Puji Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam: Kalau Menteri Lain Saya Tidak Tahu

Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

PontianakCapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo angkat bicara terkait mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menkopolhukam.

Nama Eko Disebut Masuk Bursa Calon Menteri, PAN: Kita Tunggu Saja

Ganjar mengatakan keputusan mundurnya Mahfud dari Kabinet Indonesia Maju dianggap sebagai pesan moral kepada masyarakat agar tidak adanya pesan tersirat kampanye sebagai pejabat negara.

"Mundurnya Pak Mahfud dapat mengurangi potensi penggunaan fasilitas negara," ucap Ganjar Pranowo, di Pontianak, Rabu 31 Januari 2024.

Zulhas Sebut Eko Patrio Bakal Jadi Calon Menteri

Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di acara debat Cawapres 2024

Photo :
  • Dok Ganjar

Ganjar mengapresiasi sikap Cawapresnya tersebut yang memiliki integritas sangat tinggi, dengan mengambil keputusan untuk mundur dari Menkopolhukam.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Ganjar berharap langkah Mahfud dapat diikuti oleh Capres ataupun Cawapres lainnya yang masih menjabat sebagai pejabat negara.

"Kalau menteri lainnya saya tidak tahu ya, yang pasti ini kan Pak Mahfud mundur karena maju sebagai Cawapres," pungkasnya.

Sebelumnya, Mahfud MD resmi menyatakan mundur dari jabatan  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI. Ia mengaku sudah mengemas barang-barangnya dari rumah dinas dan siap melepas fasilitas negara. 

"Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara," kata Mahfud MD dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 31 Januari 2024. 

Dia juga akan menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. 

Pengunduran diri Mahfud ini merupakan komitmen mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu untuk menjaga independensi selama proses Pilpres 2024. 

Dia mengatakan pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam sebenarnya telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya