Forum Guru Besar Indonesia Imbau Civitas Akademika Hindari Pernyataan Yang Menggiring Opini Politik

Forum Guru Besar Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Dalam menyikapi perkembangan kehidupan kebangsaan yang semakin memanas antara golongan civitas akademika, Presidium Forum Guru Besar Indonesia mengimbau kepada seluruh rekan sejawat civitas akademi di seluruh kampus di Indonesia untuk menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan elektoral sesaat. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Hal ini adalah salah satu maklumat yang disampaikan Forum Guru Besar sebagai hasil Silaturahmi Presidium yang dilakukan di Menteng, Jakarta, Kamis 8 Februari 2024.

“Segenap elemen masyarakat khususnya para akademisi dan cendekiawan serta tokoh-tokoh masyarakat hendaknya menyampaikan pemikiran pemikiran yang lebih menyejukkan daripada membakar situasi, lebih mendamaikan daripada meramaikan, lebih solutif dari pada provokatif,” ungkap Ketua Presidium Guru Besar Prof. Singgih Tri Sulistyono, selaku guru besar Universitas Diponegoro.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Presidium Forum Guru Besar Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Presidium forum guru besar Indonesia mendesak teman teman sejawat di semua kampus di seluruh Indonesia, agar menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan elektoral yang bersifat sesaat.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

"Marilah kita menjadi suluh bangsa, berdiri di tengah dan mengayomi, mencerahkan ketika gelap, dan menjadi penuntun masa depan, bukan justru menyampaikan pernyataan yang dapat menimbulkan kesan seolah mengiring opini politik elektoral terhadap pihak tertentu sembari menegasikan pihak lain sehingga menyulut suasana yang penuh ketegangan dan konflik," sambung Singgih.

Dalam silaturahmi tersebut, sekitar 15 orang Guru Besar hadir dan menghasilkan 8 maklumat yang dimaksudkan untuk mendinginkan dan mendamaikan suasana serta solutif terhadap persoalan persoalan kebangsaan. 

Diantara Guru Besar yang hadir dan menandatangani maklumat adalah Anggota Presidium yaitu,  Prof. Dr. oec. throph. Ir. Krisna Purnawan Candra, M.S. (Universitas Mulawarman - Samarinda), Prof. Dr. Ir. Rubiyo, M.Sc. (BRIN - Bogor) Prof. Murni Mahmud, P.hD. (Universitas Negeri Makassar).

Sementara dari perwakilan anggota hadir Prof. Dr. Juhardi, M.M. (Universitas Mulawarman - Samarinda), Prof. Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum., M.Pd., M.Si., M.M., M.Sos.I., M.A.P. (Universitas Negeri Makassar), Prof. Dr. Ir. Dedit Cahya Hapyanto, M.Sc. (PENS - Surabaya), dan Prof. Dr. Mohammad Soleh Ridwan, LLM, P.hD. (UIPM - Bekasi).

Dari kalangan undangan juga turut hadir, Dr. Atus Syahbuddin (Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta), Dr. Ir. Abri, M.Sc (universitas Bosowa - Makassar), Dr. Khotimul Kusen, M.Psi., Dr. Sarji Faisal, S.H., S.Pd., M.Pd., M.M. (UHAMKA - Jakarta), dan Dr. Bambang Raditya Purnomo (UNITOMO - Surabaya). 

Prof Singgih berharap maklumat yang disampaikan oleh presidium dapat  menjadi pencerah bagi semua pihak demi keutuhan dan kejayaan NKRI. 

"Marilah kita jaga, kita rawat, dan kita kembangkan terus pusaka NKRI ini sebagai rumah bersama yang aman, tentram damai, bersatu, saling mengasihi, saling menghormati, gotong royong penuh kekeluargaan, tanggung jawab, sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," harap Prof Singgih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya