Cak Imin Sindir Saipul Makelar NU, Gus Ipul: Saya Enggak Paham

Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghiimbau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk kembali ke jalan yang benar hang sesuai dengan NU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Surabaya – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengaku tidak tahu maksud dari pernyataan Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang menyebut Gus Ipul sebagai makelar NU. Gus Ipul malah menanggapi komentar Cak Imin itu dengan candaan.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Saya tidak tahu maksudnya [Cak Imin] apa makelar itu. Saya bingung juga. Tapi makelar itu maksudnya sama dengan mungkin konsultan gitu, ya. Kongkonani wong-wong sing kesulitan. Saya enggak ngerti maksudnya apa. Enggak paham," kata Gus Ipul di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 19 Februari 2024.

Cak Imin menyindir Gus Ipul sebagai makelar NU di akun X-nya. "Selamat pagi para pejuang perubahan.! Teruslah bekerja menjaga suara rakyat. Jangan hiraukan makelar yang namanya saipul, mengatas namakan NU, padahal cuma makelar," ujar Cak Imin melalui tweet di akun media sosial X yang dikutip Senin, 19 Februari 2024.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • istimewa

Sindiran Cak Imin itu sepertinya sebagai tanggapan atas pernyataan Gus Ipul sebelumnya yang meminta PKB kembali ke pangkuan NU. "Saya, kan, menyampaikan itu ada yang salah enggak kira-kira. Kan, saya minta, ya, PKB percaya sama hasil quick count untuk partai. Kan percaya toh dia. Dia mengklaim bahwa sekian-sekian. Tapi kenapa untuk pilpres itu belum mengakui," ujarnya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Menurut Gus Ipul, bila memang PKB mengaku diri sebagai bagian dari NU, maka penting bagi PKB agar selalu meminta nasihat dan berkonsultasi dengan petinggi NU. "Kan, enggak ada salahnya, jangan cuma diklaim aja NU itu, enggak pernah ada konsultasi. Minta nasihat lah paling tidak, jika dianggap NU ini pendirinya PKB. Dan saya sampaikan khususnya soal pilpres," tandas Gus Ipul.

Mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode itu menambahkan, soal suara PKB naik pada Pemilu 2024 ini, menurutnya bukan karena semata faktor ketua umumnya, dalam hal ini Cak Imin. "Bukan hanya PKB yang meningkat, partai lain juga meningkat. Kinerja itu bukan semata-mata karena ketua umum toh," katanya.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Gibran membantah pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebutkan Presiden Jokowi dan dirinya sudah masuk ke Golkar

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024