Viral Poster Berisi Susunan Menteri Indonesia Emas Era Prabowo, Ini Respons Gibran

Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka saat menyampaikan visi dan misi di hadapan pendukungnya dalam kampanye akbar bertajuk
Sumber :
  • ANTARA/Rubby Jovan

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka membantah soal poster daftar susunan kabinet menteri pasangan calon nomor urut 2 jika terpilih menjadi capres-cawapres. 

Untung Cahyono Minta Maaf Usai Sampaikan Khutbah Salat Id Singgung Pemilu Curang

Hal tersebut dikemukakan Gibran saat menanggapi pertanyaan warganet di media sosial X atau Twitter. Ia menegaskan bahwa susunan kabinet menteri di dalam poster tersebut tidak benar.

"Gak," ujar Gibran Rakabuming Raka melalui akun X pribadinya @gibran_tweet, Selasa, 20 Februari 2024.

Momen Pengendara Motor Nekat Terobos Palang Pintu Kereta Api Hingga Patah

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tak hanya Gibran, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto juga menyebutkan daftar susunan menteri dalam poster yang viral di media sosial itu adalah hoaks. Sebab, Prabowo-Gibran belum ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).  "Hoax, orang KPU aja belum ketuk palu," ujar Airlangga.

Terungkap, Ini Identitas Pemilik Fortuner Arogan Pelat TNI yang Ngaku Adik Jenderal

Airlangga menekankan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sendiri hingga saat ini belum melakukan pembicaraan mengenai susunan menteri-menterinya. "Belum, kita masih menghitung suara dan menghitung kursi," ujarnya.

Kemudian, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid juga membantah hal tersebut. Kata Nusron, informasi yang disampaikan dalam poster itu sumbernya tidak jelas.

"Namanya juga sosmed, berita dari sumber yang tidak jelas," kata Nusron saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 20 Februari 2024.

Lebih lanjut, Nusron menegaskan, sampai dengan saat ini, kubu Prabowo-Gibran belum ada pembahasan mengenai jajaran menteri di kabinet. Menurut dia, jajaran menteri itu merupakan hak prerogatif presiden. "Nggak ada pembahasan soal menteri. Itu hak prerogatif presiden," ujar dia.

Sebagai informasi, dalam poster viral tersebut, terlihat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menjadi Dewan Pertimbangan Presiden.

Kemudian, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid diplot sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Untuk jajaran menteri koordinator atau menko diisi oleh Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian, Erick Thohir sebagai Menko Bidang Energi l, Investasi dan Lingkungan Hidup, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Ridwan Kamil akan menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Lalu, Maruarar Sirait menjadi Menteri Koperasi, UKM dan Pasar Tradisional.

Kemudian Waketum Partai Gerindra yaitu Sugiyono sebagai Menteri Sekretaris Negara. Lalu, orang dekat Prabowo lainnya yakni Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoedin sebagai Menteri Pertahanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya