Surya Paloh Bilang Tak Diberi Tahu Jokowi Angkat AHY jadi Menteri tapi Tetap Beri Ucapan Selamat

Ketua umum Partai Nasdem Surya Paloh di Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, yang telah resmi dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN. 

PDIP Minta Pemerintahan Jokowi Selesaikan Sengketa Tanah Adat IKN Secara Adil

Surya Paloh menjelaskan, bahwa pengangkatan AHY sebagai menteri di dalam kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogratif dari Presiden Jokowi.

"Saya ucapkan selamat. Itu hak prerogatif Presiden. Konsistesi kita kan itu hak prerogatif Presiden, mau ngangkat siapa, latar belakangnya apa," ujar Surya Paloh kepada wartawan di Jakarta Pusat pada Jumat 23 Februari 2024.

Jokowi Ajak Keluarga Jalan-jalan ke Candi Borobudur saat Rakernas Hari Kedua PDIP

Surya Paloh mengakui bahwa tidak ada obrolan sebelumnya ketika dirinya bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Ia juga mengakui hanya tau ketika AHY hendak dilantik menjadi menteri saja.

"Kemarin Pak Jokowi masih merahasiakan itu sama saya. Gimana saya mau menjawabnya. Coba Pak Jokowi kasih barangkali bilang "Bung Surya ini Demokrat barangkali ..." Saya bisa kasih komentar kan. Jokowi diam-diam saja, masak saya tanya," jelasnya.

Ganjar Yakin Pernyataan Megawati soal Kader Goyang-goyang Bukan Ditujukan ke Jokowi

Diketahui, AHY resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri ATR/BPN RI pada Rabu 21 Februari 2024 kemarin. Dia dilantik menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto.

Hadi kini juga telah resmi menjabat sebagai Menko Polhukam RI. Pelantikan Hadi berbarengan dengan pelantikan AHY di Istana Negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya