Anies dan Cak Imin Kompak Beri Selamat ke Prabowo Subianto Usai Dapat Jenderal Kehormatan

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

JakartaAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, kompak memberikan selamat kepada Menteri PertahananPrabowo Subianto, yang beberapa hari lalu mendapatkan penghargaan Jenderal TNI Kehormatan dari Presiden Joko Widodo.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

"Selamat buat Pak Prabowo," ujar Anies kepada wartawan di Jakarta Utara, Jumat 1 Maret 2024.

Presiden Jokowi saat sematkan kenaikan pangkat istimewa ke Prabowo Subianto.

Photo :
  • Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Anies dan Cak Imin adalah calonp presiden atau capres dan calon wakil presiden atau cawapres di Pilpres 2024, yang menjadi pesaing Prabowo yang menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres. Anies yang juga m,antan Gubernur DKI Jakarta, itu berharap Prabowo terus menjaga kehormatan institusi TNI dengan pemberian gelar tersebut. 

"Mudah-mudahn akan tetap menjaga gelar kehormatan di angkatan bersenjata," kata dia.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Di waktu yang sama, Cak Imin juga turut mengucapkan selamat kepada Prabowo atas gelar Jenderal TNI Kehormatan yang diterima mantan Danjen Koppasus tersebut.

"Sama (mengucapkan selamat) semoga menjadi pengabdian," kata Ketua Umum PKB itu.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima penganugerahan jenderal bintang 4 dari Presiden Joko Widodo yang dilakukan di sela-sela Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024.

“Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa dan kepada negara. Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," kata Jokowi.

Jokowi memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Prabowo sesuai dengan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Selaras dengan Keppres tersebut, penganugerahan pangkat istimewa TNI untuk Prabowo ini sesuai dengan UU yang berlaku saat ini, yaitu UU No. 20 tahun 2009. Dalam UU tersebut terdapat pengaturan soal pengangkatan atau kenaikan pangkat istimewa.

Diketahui, pada 2022 Prabowo telah menerima empat tanda kehormatan bintang militer utama, yaitu Bintang Yudha Dharma Utama; Bintang Kartika Eka Paksi Utama; Bintang Jalasena Utama; dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya