Mahfud Komentari Simulasi Makan Siang Gratis: Tak Etis

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Calon wakil presiden nomor 3, Mahfud MD menyebut bahwa simulasi makan siang gratis tidak etis sebelum pelantikan presiden baru setelah 20 Oktober mendatang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Menurut dia, pembahasan dan simulasi makan siang gratis untuk anak sekolah itu tidak dibicarakan sekarang. Pasalnya, hingga saat ini belum diketahui siapa yang memenangkan Pilpres 2024.

Seperti diketahui ada tiga paslon yang maju pada Pilpres 2024: paslon nomor 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan paslon nomor 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Noel Joman Sebut Sikap Sinis Hasto ke Jokowi Merugikan PDIP dan Megawati

“Seharusnya program (Makan siang gratis) itu tidak dibicarakan sekarang, menunggu presiden baru dilantik, apakah Anies, Prabowo, dan Ganjar yang memenangkan Pilpres,” ujar Mahfud di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jumat, 1 Maret 2024.

Lebih lanjut, Mahfud menyinggung tentang pernyataan yang berbeda antara presiden dan menteri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah membahas program makan siang gratis, sementara menteri membenarkan.

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3, Mahfud MD Rapat di Gedung High End, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

“Sekarang bicaranya beda-beda, presiden bilang tidak bicarakan itu, sementara menterinya bilang iya. Sekarang mulai tidak terkoordinasi isunya,” ujar Mahfud.

Presiden Joko Widodo sebelumnya membantah membahas program makan siang gratis dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada Senin, 26 Februari 2024. Program makan siang ini adalah program capres-cawapres, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Berdasarkan quick count, pasangan nomor urut 2 ini unggul dan diprediksi akan menang.

Presiden Jokowi mengatakan tidak membahas spesifik soal makan siang gratis yang menjadi program andalan Prabowo tersebut. Yang disampaikan di rapat kabinet, jelasnya, soal program-program Presiden terpilih yang perlu dimasukkan dalam RAPBN 2025.

"“Enggak ada (bahas program makan siang). Hanya dalam sidang kabinet saya sampaikan, bahwa program-program Presiden terpilih harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025,” kata Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap pada Rabu, 28 Februari 2024.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten. Simulasi makan siang gratis ini dijatah Rp 15.000 per anak.

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Photo :
  • Biro KLIP Kemenko Perekonomian

Adapun makan siang gratis diketahui merupakan program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Program ini juga nantinya akan dijatah Rp 15.000 per anak.

"Ini undangan makan gratis (bukan program Prabowo), kaya kantin bersih kan emang sekolah harus (menyediakan)," ujar Airlangga, Kamis, 29 Februari 2024.

Airlangga mengatakan, program makan siang ini melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan gizi yang terjaga dan dijamin kebersihannya. 

"Dalam agenda pagi ini kamu melihat simulasi untuk makan dengan biaya Rp 15.000 ini salah satu sekolah yang volunteer menyiapkan makanan untuk anak-anak," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya