Ketua MPR Minta Pemerintah RI Desak Negara Lain Hentikan Bantuan Persenjataan kepada Israel

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta kepada Pemerintah untuk mendesak negara-negara lain guna menghentikan pemberian bantuan persenjataan ke Israel demi keadilan dan kemanusiaan masyarakat Palestina.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Bamsoet mengatakan bahwa pemberian bantuan persenjataan tersebut justru membuat Israel terus melanjutkan agresinya di sepanjang Jalur Gaza, Palestina.

"Menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan Palestina," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

VIVA Militer: Serangan roket Hamas Palestina ke Israel

Photo :
  • reuters.com

Ia mendesak Israel agar segera melakukan gencatan senjata sementara di Gaza supaya perang Israel-Hamas dapat segera berhenti.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Menurut dia, serangan Israel itu makin meluas dan membahayakan kesehatan hingga keselamatan masyarakat.

Pemerintah, lanjut dia, juga harus berkoordinasi dengan otoritas negara di Gaza terkait dengan pemberian bantuan kemanusiaan dari Indonesia, baik obat-obatan, peralatan medis, selimut, tenda, maupun logistik, guna mengurangi beban penderitaan dan meningkatkan upaya penyelamatan bagi masyarakat terdampak perang.

Jumlah rakyat Palestina yang terbunuh akibat agresi Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah mencapai 30.534 jiwa, demikian menurut otoritas kesehatan wilayah tersebut, Senin (4/3).

Tentara Israel, tank, howitzer dan kendaraan lapis baja terlihat ketika mobilitas militer Israel terus berlanjut di perbatasan Gaza, di Nahal Oz (Doc: Anadolu Ajansi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Selain menewaskan puluhan ribu orang yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, agresi Israel ke Gaza yang telah mencapai hari ke-150 tersebut juga menyebabkan 71.920 warga cedera

"Penjajah Israel melakukan 13 pembantaian terhadap keluarga-keluarga di Jalur Gaza sehingga menyebabkan 124 warga meninggal dunia dan 210 lainnya terluka dalam 24 jam terakhir," menurut otoritas kesehatan tersebut. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya