Hasil Rekapitulasi KPU DKI, Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Cak Imin di Jakarta

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta saat ini telah berhasil menuntaskan tahapan perhitungan rekapitulasi perolehan suara hasil dari Pemilu 2024 di tingkat Provinsi. Dalam hasil perhitungan itu, pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumign Raka berhasil unggul dibanding pasangan lainnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Adapun proses itu telah dirampungkan KPU DKI Jakarta selama tiga hari mulai dari 7-9 Maret 2024.

"Alhamdulillah KPU DKI Jakarta telah selesai melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Provinsi. Rapat pleno terbuka dilaksanakan selama 3 hari dengan proses berjalan sesuai dengan tata tertib yang disepakati oleh peserta rapat dan dihari terakhir peserta pemilu telah selesai melaksanakan penandatanganan hasil proses rekapitulasi," ujar Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata kepada wartawan, Senin 11 Maret 2024.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Capres Pilpres 2024

Photo :

Wahyu menjelaskan bahwa perhitungan suara di KPU DKI Jakarta dilakukan secara terbuka, sebab itu demi mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam rekapitulasi. Bahkan perhitungan tersebut juga dilakukan dengan diikuti serta disaksikan langsung oleh Bawaslu, saksi partai politik, saksi calon legislatif, pemantau pemilu, dan media massa, serta masyarakat.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Secara bertahap hasil rekapitulasi penggunaan hak suara di Provinsi DKI Jakarta adalah sebanyak 6.558.734 pemilih dengan rincian laki-laki 3.147.199 orang, perempuan 3.411.535 orang dan pemilih disabilitas sebanyak 24.981 orang.

Selain itu, terkait hasil secara seluruhnya akan diinformasikan secara resmi oleh KPU Provinsi DKI Jakarta pada laman resmi akun media sosial dan website KPU Provinsi DKI Jakarta, dan untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU Republik Indonesia.

Berdasarkan perhitungan tersebut, pasangan Prabowo-Gibran berhasil menang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Prabowo-Gibran berhasil mendapatkan suara sebanyak 2.692.011.

3 capres yang jadi kontestan Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Kemudian, pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Cak Imin ternyata harus keok di wilayah DKI Jakarta. Anies-Cak Imin mendapatkan suara di DKI Jakarta sebanyak 2.653.762. Selanjutnya ada pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang hanya mendapatkan suara sebanyak 1.115.139 di wilayah DKI Jakarta.

KPU juga turut membacakan hasil perolehan suara anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi. Penyampaian itu dilakukan secara daring atau online di Pullman Central Park Jakarta Barat.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya