Caleg Suara Terbanyak di Blora Mendadak Mundur dari Pencalonan, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora, Siswanto
Sumber :
  • tvOne

Blora - Seorang calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Blora dari Partai Golkar dikabarkan mengundurkan diri dari pencalonan, padahal unggul dengan perolehan suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) Blora 3 pada Pemilu 2024. 

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Meidi Usmanto mundur tiba-tiba dari pencalonan padahal Ia sudah menjabat Anggota DPRD Blora selama tiga periode. Kabar mundurnya Meidi disampaikan oleh ketua DPP Partai Golkar Blora, Siswanto

"Dari caleg yang suaranya paling tinggi partai Golkar khususnya di dapil Blora 3 yang meliputi Kecamatan Randublatung, Kecamatan Kradenan dan Kecamatan Jati ini membuat surat pengunduran diri dari caleg," Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora, Siswanto, Kamis, 14 Maret 2024

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Siswanto mengakui akan mengikuti mekanisme terkait proses penetapan caleg terpilih, pasca pengajuan pengunduran diri Meidi Usmanto dari caleg partai Golkar Kabupaten Blora.

"Tentunya kita akan mengikuti mekanisme, nanti bagaimana proses penetapan caleg terpilih kan belum ada baru proses penghitungan KPU dan belum ada penetapan terpilih," ujarnya.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Menurutnya, surat pengunduran diri yang bersangkutan, sudah masuk partai dan diterima per Rabu, 13 Maret 2024. "Ya, surat pengunduran diri yang bersangkutan sudah kami terima," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora, Siswanto 

Siswanto menyampaikan, alasan pengunduran diri Caleg dapil 3 tersebut akan fokus mengurus bisnis.

"Sebelum jadi Anggota DPRD Blora beliau sudah menekuni bisnis. Jadi, mengundurkan diri akan fokus mengurus bisnisnya kembali," jelas politikus Partai Golkar tersebut.

Soal nama caleg yang akan ditetapkan menjadi caleg terpilih, Siswanto menyampaikan, Partai Golkar mengikuti mekanisme KPU.

"Caleg pengganti yang akan dilantik, kami menunggu mekanisme dari KPU. Namun, kami akan cek siapa caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua," jelas Siswanto.

Perlu diketahui, Meidi Usmanto merupakan Caleg DPRD Blora dapil 3 dari Partai Golkar dengan perolehan suara terbanyak 4.331 suara. Sedangkan suara terbanyak kedua dengan perolehan suara terbanyak 2.012 suara atas nama Dian Bagus Setyawan.

Laporan: Agung/tvOne Blora

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya