Raup Suara Terbesar Kedua Dapil NTT 1, Ahmad Yohan Bakal Melenggang Lagi ke Senayan

Anggota DPR RI dari PAN Ahmad Yohan
Sumber :
  • Instagram @ayo_ahmadyohan

Jakarta - Politikus PAN yang juga Anggota DPR RI Ahmad Yohan meraup suara terbesar kedua dari Daerah Pemilihan atau Dapil Nusa Tenggara Timur (NTT) I. Yohan pun bakal melenggang lagi dengan menyegel satu kursi di DPR Senayan periode 2024-2029.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Raihan suara Yohan yang juga Presidium Majelis Nasional KAHMI itu jauh menggungguli petahana lainnya seperti Benny K Harman, Melchias M Mekeng. Bahkan, perolehan suara dari istri Gubernur NTT Julie S Laiskodat juga kalah.

Berdasarkan hasil rapat pleno KPU 10 kabupaten di Dapil NTT I serta Pleno KPU Provinsi NTT, Yohan mendapat suara pribadi sebanyak 84.103 suara. Pencapain Anggota Komisi XI DPR itu melonjak hampir 100 persen dibanding Pileg 2019 yaitu sekitar 45 ribu.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Terkait itu, Yohan mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat pemilih yang beri amanat terhadapnya sebagai wakil rakyat.

"Alhamdulillah, saya bersyukur dan berterima kasih kepada para pendukung, simpatisan, dan masyarakat yang mendukung dan memilih saya kembali," kata Yohan, dalam keterangannya, Jumat, 15 Maret 2024.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Rapat paripurna DPR (Foto ilistrasi).

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

Dia bilang siap menjaga kepercayaan masyarakat pemilih di 10 kabupetan Dapil NTT 1.

"Insya Allah, kepercayaan mereka akan saya emban dengan memberikan  apa yang terbaik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Dapil NTT I," lanjut Yohan.

Adapun Dapil NTT I mencakup wilayah Pulau Flores dan sekitarnya yang terdiri atas 10 kabupaten. Sepuluh kabupaten itu Alor, Ende, Flores Timur, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, dan Sikka.

Dapil NTT I ini diwakili oleh enam anggota DPR RI.  Dari enam kursi, pleno di KPU 10 kabupaten dan KPU Provinsi menempatkan secara berurut perolehan suara parpol dan caleg tertinggi.

Untuk caleg dengan suara tertinggi diraih anggota DPR petahana dari PDIP yakni Andreas Hugo Pareira memperoleh 173.295. Lalu, PDIP dari parpol dengan 250.622 suara.

Kemudian, PAN dengan 159.112 suara. Lalu, caleg terpilih Ahmad Yohan dengan 84.103 suara.
Sementara, PKB mendapat 153.153 suara dengan caleg terpilih NM Dipo Nusantara 73.249 suara.

Partai Demokrat meraup 141.202 suara dengan caleg terpilih Benny K Harman 79.335 suara. Kemudian, Partai Nasdem dengan 131.150 suara dan caleg terpilih Julie S Laiskodat 57.522 suara.

Sementara, Partai Golkar dapat 127.965 suara dan caleg terpilih Melchias M Mekeng 67.809 suara.

"Terima kasih sekali lagi atas kepercayaan masyarakat Pulau Flores dan sekitarnya. Amanat ini akan saya emban dengan memberikan yang terbaik untuk mereka," ujar Yohan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya