Kalahkan Ketua Partai hingga Menkumham, Ini Caleg Peraih Suara Tertinggi di Dapil 'Neraka' Sumut

Caleg PDIP Sofyan Tan meraih perolehan suara tertinggi di Dapil 1 Sumut
Sumber :
  • Ist

Medan – Hasil rekapitulasi tingkat provinsi dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara pada Pemilu 2024. Calon Legislatif (Caleg), bernama Sofyan Tan kantongi suara tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) Sumut 1.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Caleg asal PDI Perjuangan itu, berhasil meraih 279.334 suara dan menduduki peringkat pertama di Dapil Sumut 1. Sedangkan, sesama kader di satu partai politik, Yasonna H Laoly yang juga menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM, memperoleh 83.045 menduduki posisi ketujuh.

Politikus yang terkenal dengan peduli pendidikan di tanah air, terkhusus di Sumut ini. Juga mengungguli secara perolehan suara dari Ketua Partai Politik, seperti Ketua DPD Golkar, Musa Rajekshah berada di posisi kedua, 190.990 suara.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kemudian, Ketua DPD Demokrat Sumut, M Lokot Nasution memperoleh 56.688 suara berada di peringkat kedelapan. Termasuk, Ketua TPD Prabowo-Gibran Sumut, Ade Jona Prasetyo, Caleg Gerindra memperoleh 36.085 suara.

Ketua DPP PDIP Yasonna H Laoly memantau penghitungan suara di Sekretariat BSPN PDIP Sumut.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Atas memeroleh suara terbanyak di Dapil Sumut I ini, Sofyan Tan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumut, terutama Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, dan Tebingtinggi, yang sudah memberikan hak suaranya dengan memilih dia pada 14 Februari 2024, kemarin.

"Ini satu hal yang membahagiakan, karena ini menjadi bukti bahwa banyak masyarakat yang mempercayai saya untuk kembali menjadi penyambung aspirasi mereka di DPR RI nantinya," jelas Sofyan Tan.

Menurut Sofyan Tan, memperoleh suara terbanyak sementara di Dapil Sumut I ini, tidak lepas masyarakat dinilainya, puas atas kinerjanya, di periode pertama dan kedua.

"Dan saya yakin, mereka yang dulu memilih saya, sekarang menjadi tim kampanye sukarela saya, karena tentunya mereka ingin semakin banyak yang bisa merasakan kerja-kerja saya," tutur Sofyan Tan.

Sofyan Tan di Sumut sendiri, terkenal dengan politisi yang memberikan perhatian khusus kepada dunia pendidikan. Sehingga, ia berpotensi kembali menduduki kursi Komisi X DPR RI, yang membidangi pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, serta perpustakaan nasional.

"Bidang-bidang ini terutama pendidikan dan pengembangan ekonomi kreatif masih menjadi bidang yang paling dibutuhkan masyarakat kita," jelas Sofyan Tan.

Berikut biodata singkat Sofyan memperoleh suara tertinggi di Dapil Sumut 1. Pria kelahiran Medan, 25 September 1959 dan berusia 64 tahun. Dia pernah berkuliah Universitas Methodist Indonesia (1978–1990)

Sofyan Tan adalah seorang dokter Indonesia yang terjun ke dalam bidang pelayanan dan pengembangan masyarakat di Sumatera Utara.

Sofyan Tan, merupakan petahana di dapil yang sama. Sebelum masuk ke Senayan, Sofyan Tan pernah menjadi calon Wali Kota Medan pada Pilkada 2010. Namun, kalah dari pasangan Rahudman Harahap dan Dzulmi Eldin.

 -Dapil Sumut I

1. Sofyan Tan (PDIP-279.334)

2. Musa Rajekshah (Golkar-190.990)

3. Ade Jona Prasetyo (Gerindra-36.085)

4. Tifatul Sembiring (PKS-92.704)

5. Prananda Surya Paloh (NasDem-103.018)

6. Ashari Tambunan (PKB-134.226)

7. Yasonna H Laoly (PDIP-83.045)

8. Muhammad Lokot Nasution (Demokrat-56.688)

9. Meutya Hafid (Golkar-147.004)

10. M Husni (Gerindra-61.622)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya