Prabowo Ungkap Persahabatan dengan Surya Paloh, Hargai Nasdem Beri Selamat Menang Pilpres 2024

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh di DPP Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, mengungkap kisah persahabatannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Meski keduanya kerap berbeda pilihan politik termasuk di Pilpres 2024.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pada Pemilu 2024 ini, Nasdem bersama PKS dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, mengusung pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Hasil akhir rekapitulasi KPU pada Rabu 20 Maret 2024, pasangan AMIN kalah dari Prabowo-Gibran yang unggul di atas 50 persen.

Surya Paloh dan Prabowo Subianto

Photo :
  • Istimewa
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Surya Paloh dan Prabowo melakukan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Maret 2024 siang. Prabowo menyebut kedatangannya itu untuk bertemu sahabat lama.

"Saya kenal beliau, sahabat lama. Dulu biasa sebagai anak muda memiliki sikap yang keras. Tapi dengan seiring bertambah usia, kita semakin arief," kata Prabowo dalam konferensi pers di Nasdem Tower, Jumat, 22 Maret 2024.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Di depan Surya Paloh, Prabowo mengaku menghargai sikap Partai Nasdem yang berbesar hati menerima keputusan KPU atas kemenangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Bahkan, Nasdem yang dipimpin Surya Paloh terbuka menyampaikan ucapan selamat.

"Saya berterima kasih, saya sangat menghargai sikap Nasdem setelah pertandingan," katanya.

Menurutnya, tetap menjadi sahabat merupakan keputusan yang tepat. Meskipun dirinya dan Paloh sempat menjadi lawan karena berbeda sikap politik pada Pilpres 2024 ini.

"Setelah pertandingan, kita bersaing ya kan, tapi kita tetap bersahabat, kita tetap satu keluarga, kita tetap cinta Tanah Air. Sesudah pertandingan dan persaingan kita bersatu membangun bangsa Indonesia. Itu yang mau saya garis bawahi," pungkas Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional Pemilu 2024

Photo :
  • KPU

Seperti diketahui, pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya