Nomor Empat di Survei LSI, PKB Kaget

PKB Jawa Tengah resmikan Posko 58 Dukung SBY-Boediono
Sumber :
  • PKB Jawa Tengah/ Sukirman

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Imam Nahrowi mengaku terkejut dan gembira dengan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia yang menunjukkan stabilnya tingkat elektabilitas PKB di tengah masyarakat.

"Saya surprise. Itu sungguh jadi penyemangat buat kami untuk terus bekerja demi rakyat," kata Imam saat berbincang dengan VIVAnews, Kamis 6 Januari 2011.

Survei terbaru LSI yang dirilis hari ini menempatkan PKB pada posisi tertinggi keempat dengan elektabilitas 4,8 persen -- tidak jauh berbeda dengan perolehan suara mereka pada Pemilu 2009 lalu yang 4,9 persen. Hal ini berkebalikan dengan partai-partai lain seperti Demokrat, PKS, PAN, dan PPP yang elektabilitasnya justru cenderung menurun.

LSI menganalisa, stabilnya elektabilitas PKB bersumber pada loyalitas pendukungnya. "PKB punya pendukung setia dan pemilih yang relatif loyal," kata peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi di Kantor LSI. Namun ia memperingatkan bahwa jumlah legislator PKB di parlemen pada 2014 mendatang bisa jauh lebih sedikit dibanding dengan partai yang elektabilitasnya lebih kecil dari PKB, karena basis massa PKB terletak di Jawa yang hitungan kursi parlemennya sangat mahal, di mana 1 kursi sama dengan 400 ribu pemilih, beda dengan di luar Jawa yang hitungannya hanya 100 ribu pemilih untuk 1 kursi.

"Kami akan tetap menjaga dan mempertahankan sesuatu yang baik ini. Basis di Jawa akan terus kami pertahankan, sambil berkonsentrasi memperluas basis di luar Jawa," kata Imam menjawab pendapat Burhan itu. Ia menyatakan, PKB akan tetap berupaya dan bekerja untuk membuktikan diri kepada rakyat bahwa mereka serius memegang amanah.

"Hasil survei dan analisa LSI itu kami anggap kritik sekaligus penyemangat bagi PKB. Insya Allah, kami optimistis ada titik cerah bagi PKB di masa depan," kata Imam. Ia pun mengaku tidak takut dengan segala gonjang-ganjing yang sampai saat ini menerpa PKB, termasuk soal Yenny Wahid yang mendirikan PKB tandingan.

"Kami sudah teruji dengan segala godaan dan hambatan. Kami optimistis. Kami akan buktikan kepada rakyat dengan segala cara yang beretika. Tunggu saja," kata Imam.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024