Aburizal: Laporan Satgas Harusnya ke Presiden

Aburizal Bakrie di Lombok
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie akhirnya angkat bicara tentang kinerja Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum. Politisi yang akrab disapa Ical sedikit mengkritik petunjuk kerja Satgas.

"Satgas mafia harusnya melakukan pelaporan kepada Presiden sesuai dengan juknis (petunjuk teknis)," kata Aburizal Bakrie usai pembukaan acara Rapimda (Rapat Pimpinan Daerah) Partai Golkar di Denpasar, Bali, Minggu 23 Januari 2011.

Ical menekankan bahwa Satgas semestinya melaporkan segala jenis pekerjaannya langsung kepada Presiden. Bukan kepada kelompok tertentu, yang tidak sesuai dengan wewenangnya.

"Bukan kepada seseorang atau masyarakat tertentu yang berakibat menjadi seseorang populer," ujar Ical.

Nama Ical disebut-sebut pernah bertemu mafia pajak Gayus Tambunan di Bali. Isu ini sudah dibantah keras Gayus Tambunan. Bahkan, Gayus menyebut isu itu dilontarkan Satgas. Tetapi, Satgas mematahkan tuduhan Gayus Tambunan.

Bagi Ical, segala kebohongan akan terungkap pada waktunya. "Saya yakin semua bentuk kebohongan yang dibuat-buat pasti akan terungkap ke publik," ujar Ical.

Untuk pengusutan Gayus Tambunan, Ical mempercayakan penuh kepada aparat penegak hukum. "Biar hukum yang bicara siapa yang benar dan salah," tuturnya.

Jumat, 21 Januari 2011, Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, sudah mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengevaluasi Satgas Pemberantasan Mafia Hukum. Menurut Idrus, Satgas telah bekerja di luar jalur semestinya. Idrus menyebut keberadaan Satgas lebih banyak mudharat ketimbang manfaatnya.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Satgas sendiri sudah memberikan laporan tertulis kepada Presiden SBY, terutama soal segala tudingan yang dilontarkan Gayus. Satgas juga sudah bertemu Presiden SBY di Cikeas, Sabtu 22 Januari 2011. (art)

Laporan: Peni Widarti l Bali

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024