Setgab Rapat Khusus Bahas Usul Angket Pajak

Priyo Budi Santoso (Golkar) dan Jafar Hafsah (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Dua usulan Hak Angket Perpajakan resmi dibacakan di rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat hari ini. Beberapa politisi dari fraksi koalisi pemerintahan turut mendukung usulan ini.

Menanggapi ini, Sekretariat Gabungan Koalisi Pemerintahan yang dipimpin Demokrat akan menggelar rapat pada pukul 15.00 hari ini. "Rapat soal Angket, perlu atau tidaknya," kata Ketua Fraksi Demokrat ,Jafar Hafsah, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 16 Februari 2011.

Sekretaris Fraksi Demokrat, Saan Mustofa menjelaskan, rapat ini untuk menyamakan pendapat soal usulan Hak Angket Perpajakan. Demokrat akan menjelaskan pandangannya dalam rapat itu bahwa Hak Angket tak diperlukan untuk mengusut mafia perpajakan.

Ada dua usulan Hak Angket terkait perpajakan yakni usulan Hak Angket Mafia Perpajakan yang diusulkan 114 orang dari delapan fraksi di DPR dan usulan Hak Angket Perpajakan yang ditandatangani 35 anggota Panitia Kerja Perpajakan Komisi XI DPR. Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, sudah mengusulkan kedua usulan ini dilebur jadi satu dalam rapat paripurna hari ini.

Inisiator usul Hak Angket Mafia Perpajakan, Syarifuddin Sudding, menyatakan, ada lima fraksi bulat mendukung usulan ini. Jika pernyataan Sudding benar, bahwa lima fraksi bulat mendukung Angket, akan ada minimal 53 persen suara. Golkar memiliki 18,92 persen, PDIP 16,78 persen, PKS 10,17 persen, Gerindra 4,64 persen dan Hanura 3,04 persen.

Sementara syarat lolos menjadi Angket adalah harus dibahas dalam rapat paripurna yang diikuti minimal setengah dari anggota DPR, dan kemudian disetujui lebih dari setengah peserta rapat yang hadir.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut
Dio Novandra dan Megawati Hangestri

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Momen Megawati Hangestri mengenalkan pacarnya, Dio Novandra Wibawa ke pemain Red Sparks tengah menjadi sorotan pecinta voli Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024