Ada Prabowo, Wiranto, Anas & Aburizal di ICMI

Akbar Tandjung, Wiranto, Prabowo, Surya, Rizal Ramli, Aburizal Bakrie
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Malam ini Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia meresmikan kepengurusan 2010-2011. Ada 854 orang duduk di jajaran kepengurusan, dari beragam profesi dan latar belakang politik.

Priyo Budi Santoso, anggota Presidium ICMI, menyatakan, 854 orang itu tersebar di Presidium ICMI yang lima orang, Majelis Pengurus, Dewan Pakar, Dewan Penasihat dan Dewan Kehormatan. Ada lebih 200 orang duduk di Majelis Pengurus dan 300 orang lebih di Dewan Pakar.

Presidium ICMI terdiri dari Ketua Ilham Habibie dan empat anggota yakni Nanat Fatah Natsir, Marwah Daud Ibrahim, Priyo Budi Santoso dan Sugiharto. Presidium ini nanti mengukuhkan pengurus di Gedung Smesco UKM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 2 Maret 2011.

Ketua Presidium ICMI Ilham Habibie menjelaskan, dalam jumpa pers sore ini, ICMI sudah lebih 20 tahun hadir namun ICMI konsisten dengan visi misi pendiriannya sebagai organisasi kemasyarakatan yang non politik. ICMI terus berusaha menjaga trilogi kecendekiawanan, keislaman,dan keindonesiaan.

Program ICMI menyangkut tiga bidang plus satu yakni bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan serta MDG's. "ICMI tidak ingin terlibat dalam kondisi perpolitikan, takut energinya terkuras habis," kata Ilham. "Kondisi perpolitikan apa pun, rakyat harus diberdayakan. Konsumsi perpolitikan itu sebenarnya hanya di kalangan elite saja," katanya.

Meski tak mengurusi politik, menarik untuk melihat sosok-sosok yang mengurus ICMI dalam dua tahun ke depan. Selain Priyo Budi Santoso, anggota Presidium, yang dikenal sebagai Ketua Partai Golkar, tokoh-tokoh dari partai lain juga mengisi kepengurusan.

Ketua Dewan Pakar adalah Hatta Rajasa, yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional. Sementara Ketua Dewan Kehormatan adalah BJ Habibie dan Ketua Dewan Penasihat Jimly Asshiddiqie.

Di jajaran Wakil Ketua Dewan Penasihat terdapat Aburizal Bakrie (Ketua Umum Golkar), Marzuki Alie (Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat), Agung Laksono, Rahmat Gobel, Said Aqil Siraj, Darmin Nasution, Suryadharma Ali (Ketua Umum PPP), Chairul Tanjung, Anas Urbaningrum (Ketua Umum Partai Demokrat) dan Luthfi Hasan Ishaaq (Presiden PKS).

Di jajaran anggota Dewan Penasihat ICMI juga bertebaran tokoh-tokoh politik yakni Suharso Monoarfa (PPP), Achmad Mubarok (Demokrat), Akbar Tandjung (Golkar), Fuad Bawazir (Hanura), Hidayat Nur Wahid (PKS), Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), Patrialis Akbar (PAN), Sudi Silalahi, Tjahjo Kumolo (Sekjen PDIP), Wiranto (Ketua Umum Hanura) dan Prabowo Subianto (Ketua Dewan Pembina Gerindra).

Di jajaran Dewan Pakar ICMI juga terdapat tokoh politik selain Hatta Rajasa. Wakil Ketua Dewan Pakar antara lain Jafar Hafsah, Fadel Muhammad, Dipo Alam dan Zulkifli Hasan. Arif Budimanta, politisi PDIP, juga menjadi anggota Dewan Pakar.

Sementara Sekretaris Jenderal ICMI adalah Dr Muhammad Taufik dan Bendahara adalah Sandiaga S Uno. (sj)

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024