Mega Resmikan Cabang Pelopor PDI Perjuangan

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Antara/ Andika Betha

VIVAnews -- PDI Perjuangan membentuk unit baru baru stuktur partai.  Unit baru adalah Cabang Pelopor, yang akan bergerak di tingkat desa. Hari ini, Kamis 17 Maret 2011, Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, meresmikan unit baru itu. Peresmian digelar di Desa Jambaan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dalam pidato saat peresmian itu,  Megawati membeberkan bahwa pembentukan cabang pelopor ini merupakan amanat kongres ke-3 di Bali.

"Salah satu amanat kongres ke-3 adalah bagaimana mengorganisir partai agar dapat diterima rakyat dan bangsa Indonesia dengan baik," ujar Mega di lapangan Desa Jambaan, Kamis 17 Maret 2011.

Sudah saatnya, lanjut Mega, partai menyusun jenjang kader dalam tubuh partai.  Kader Utama tentu punya peran dan tanggung jawab yang lebih besar dari kader madya. Kader madya  punya tanggung jawab lebih besar dari kader pratama.

Memilih berorganisasi apalagi di partai, menurut Mega, semestinya menyadari bahwa kemampuan yang diperlukan adalah mengatur diri sendiri agar menjadi lebih baik. Pemahaman itu pun mesti ditularkan kepada rakyat.

"Tidak mudah untuk mengorganisir rakyat untuk mengetahui siapa dirinya sebenarnya," kata Mega.

Segala laporan maupun keluhan masyarakat mesti diperhatikan dan diperjuangkan seluruh kader partai di setiap struktur untuk mengatasinya. "Bukan hanya mendampingi, tapi juga berjuang bersama rakyat," kata Mega.

Pencanangan cabang pelopor, tambah dia, pada dasarnya mengubah cara-cara berpartai. "Baik mental, berpikir, bergerak, dan mengambil keputusan," kata Mega.

Karena pada dasarnya seluruh kader sama saja haknya dengan masyarakat, maka elemen SDM partai mesti merasa setara dengan rakyat, bukannya merasa lebih tinggi dan mulia dari rakyat.

"Ini adalah koreksi kalau memang ingin perbaiki partai, inilah wujud gotong royong, inilah upaya perjuangan ideologi kita," tambah Mega.

Peresmian pencanangan pelopor ini dihadiri DPD PDIP dari seluruh Indonesia. Sekitar 25 ribuan kader dan fungsionaris struktural partai memadati lokasi peresmian di lapangan desa jambaan ini. Termasuk, Sekjen DPP PDIP, Tjahjo Kumolo dan Ketua DPP PDIP bidang politik, Puan Maharani.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang
Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024