Demokrat: Kudeta Presiden Langgar Konstitusi

Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Soal Rekomendasi Tim Delapan
Sumber :
  • Antara/Widodo S Jusuf

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi I Bidang Luar Negeri dan Pertahanan DPR, Hayono Isman menilai kudeta terhadap Presiden adalah tindakan yang bertentangan dengan konstitusi. Pemerintahan hanya bisa dijatuhkan oleh rakyat melalui pemilu.

"Kalau yang disampaikan Aljazeera itu benar, jelas ini bertentangan dengan semangat reformasi yang sedang kita bangun," kata Hayono Isman di gedung DPR, Jakarta, Rabu 23 Maret 2011, menanggapi berita dirilis situs berita bermarkas di Qatar, Aljazeera.

Menurut hayono, semangat reformasi adalah demokrasi dan transparansi. Dengan demikian, apabila memang ada tindakan kudeta terhadap pemerintahan yang sah, selain melanggar konstitusi juga tak sesuai semangat reformasi.

"Dasarnya apa mereka melakukan tindakan itu? Tidak demokratis menjatuhkan pemerintah tanpa melalui pemilu," ujar anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini. Hayono menambahkan, demokrasi sebagai suatu semangat reformasi harus tetap dijaga.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Aljazeera edisi Selasa malam 22 Maret menurunkan laporan eksklusif tentang 'purnawirawan jenderal senior' yang secara rahasia mendukung kelompok Islam garis keras menumbangkan kekuasaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Termasuk, merancang penyerangan 1.500 orang di Cikeusik, Pandeglang, Banten yang menewaskan tiga jemaah Ahmadiyah secara tragis. Diduga kuat, kata Al Jazeera, penyerangan ini sistematis.

"Jenderal ini menggunakan grup garis keras untuk menggulingkan Presiden Yudhoyono, karena mereka menganggap SBY terlalu lemah dan terlalu reformis," demikian laporan koresponden Al Jazeera, Step Vassen dalam rekaman Al Jazeera.

Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024