The Habibie Center: Empat Kriteria Presiden

VIVAnews –Direktur Eksekutif The Habibie Center, Ahmad Watik Pratiknya, mengatakan ada empat keriteria yang idealnya dimiliki presiden terpilih di pemilihan umum 2009.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 29 April 2024

“Empat kriteria itu harus dimiliki untuk membawa bangsa ini keluar dari krisis,” kata Ahmad dalam diskusi bertema Pemilu di Tengah Krisis: Pemimpin Seperti Apa yang akan Kita Pilih di The Habibie Center, Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Pertama, dia tipe pengambil keputusan cepat dan tepat. Kedua, dia memiliki kapabilitas. Ketiga, mempunyai integritas, dan keempat memiliki akseptabilitas tinggi yang didasarkan dukungan rasional.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Ahmad mengatakan keempat kriteria itu harus seimbang. Pemimpin sebaiknya tidak terlalu berorientasi pada faktor akseptabilitas dengan mengabaikan faktor kapabilitas dan integritas. Dengan demikian tidak menimbulkan kepemimpinan semu. “Kepemimpinan semu semata-mata didasarkan pada aspek popularitas, koneksitas atau nepotistic dan money politic,” kata dia.

Dua mobil Ferrari Harvey Moeis yang disita

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali menyita tiga mobil mewah Harvey Moeis setelah sebelumnya menyita setidaknya empat mobil mewah tersangka kasus korupsi timah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024