Ibas-Aliya Bikin Demokrat-PAN Saling Memahami

Presiden SBY di acara Lamaran Ibas dengan Aliya Hatta , Selasa (26/4)
Sumber :
  • Abror Rizki/Biro Pers Istana Presiden

VIVAnews - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok tidak membantah hubungan Partai Demokrat dengan Partai Amanat Nasional akan semakin mesra dengan rencana pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dengan Siti Ruby Aliya Rajasa.

"Pasti ada dampak positifnya. Tapi saya mesti ingatkan, ini bukan pernikahan politik," kata Mubarok saat dihubungi VIVAnews.com, 27 April 2011.

Mubarok pun kemudian memprediksi, Partai Demokrat dengan PAN akan makin saling memahami. "Saling pengertian dan tidak mudah dipanas-panasi," jelasnya.

Namun, dia meramalkan jika Demokrat dengan PAN akan makin mesra setelah pernikahan Ibas - Aliya, itu tidak akan membuat iri partai koalisi lain.

"Pengikat dukungan kan banyak, ya jelas tidak akan iri. Lagipula pernikahan itu kan kehidupan pribadi, bukan politik," ucap Mubarok.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, AA Ari Dwipayana, menilai rencana pernikahan Ibas dengan Aliya akan menjadikan pola politik yang berbasis pada kekentalan kekerabatan. Koalisi yang dibangun adalah oligarki politik.

"Jaringan-jaringan politik yang akan terjadi akan berdasar pada hubungan kekerabatan. Kian dekat kekerabatannya maka akan kental jaringan politiknya," kata Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan tersebut, kemarin.

Namun, baik Demokrat dan PAN tidak menganggap pernikahan Ibas - Aliya ini sebagai pernikahan politik. "Itu koalisi cinta, bukan koalisi politik," kata Ketua DPP PAN Bima Arya sambil tertawa, kemarin.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024