Anggota DPR: Kami Tidak Pelesir, Tapi Kerja

Kota Madrid
Sumber :
  • VIVAnews/ Edwan Ruriansyah

VIVAnews -- Wakil Ketua Komisi X DPR, Rully Chairul Azwar, mempertanyakan gencarnya kritik masyarakat, yang menuding para Wakil Rakyat selama ini hobi jalan-jalan ke luar negeri dengan menguras anggaran negara. 

"Kita, DPR, harus berangkat kunjungan kerja, agar tahu permasalahan. Staf ahli tidak bisa bicara, anggota dewan yang bicara," kata Rully di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Jumat 13 Mei 2011. "Bukan jamannya lagi cari-cari kesempatan untuk ke luar negeri. Kalau sekedar ke luar negeri kita bisa sendiri."

Politisi Golkar itu juga mempersoalkan, mengapa selalu DPR yang disorot. "Kenapa legislatif ke luar negeri dipersoalkan, sedangkan pemerintah tidak," kata dia. "Apakah kunjungan kerja oleh legislatif haram, eksekutif sah?"

Dijelaskan dia, kunjungan Komisi X ke Spanyol baru-baru ini, tujuannya jelas. "Di bidang olahraga mereka juara semuanya. Kita dapati di Spanyol semua olahraga itu dikelola sebagai industri. Stadion jadi tempat wisata," kata dia. Masukan itu, lanjut dia, akan disampaikan pada Menpora.

Soal kedua yang dikaji, kata Rully, adalah pariwisata. "Kedatangan wisata lebih besar dari penduduknya. Mereka hanya punya pantai. Tapi juga, mereka punya sejarah panjang peninggalan Islam, Cordoba, Andalusia," jelas dia.

Apa hasil kunjungan wisata ke Spanyol? Menurut Rully, mereka punya infrastruktur destinasi. "Bedanya indonesia, tempat bagus tapi jalur kunjungan jelek. Jadi orang kapok."

Sementara, Ketua DPR RI, Marzuki Alie mengatakan kunjungan anggota dewan ke luar negeri tak harus antarparlemen. "Bisa ke tempat lain," kata dia.

Namun, saat reses, semua anggota dewan wajib datang ke konstituen. "Saya yang ketua DPR juga wajib. Kemarin saya keliling, di SD-SD, di pelosok Jakbar. Ketemu ranting partai. Sekali pertemuan, butuh biaya. Itu diambil dari dana reses," kata dia. " Jadi, dana reses itu tidak kita kantongin. Pertemuan itu butuh biaya, buat akomodasi, snack, minum dan lainnya. Nggak ada apa-apa, mana mau warga datang."

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang
Mamah Dedeh

Terpopuler: Jawaban Mamah Dedeh Soal Menantu Perempuan, Persiapan Penting Sebelum Menikah

Sederet berita di kanal Lifestyle sukses mencuri perhatian pembaca. Terutama jawaban menohok Mamah Dedeh soal menantu perempuan yang tidak sesuai kriteria.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024