PKS: Ambang Batas 3 Persen Jadi Jalan Tengah

Atribut PKS
Sumber :
  • VivaNews/ Tri Saputro

VIVAnews - Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera, Anis Matta, mengatakan Fraksi PKS sudah menetapkan sikap meminta parliamentary treshold atau ambang batas parlemen 3 persen sebagai bentuk kompromi atas keinginan untuk memperbaiki sistem kepartaian dan membangun proses pemilu yang demokratis.

"Fraksi sudah menetapkan sikapnya di posisi 3 persen. Setelah pertimbangkan semuanya, kami ambil jalan tengah saja. Kan ada yang ingin 2,5 persen sementara yang lainnya ada yang ingin 4 atau 5 persen, ya kita ambil yang sedang saja," ujar Anis Matta di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 17 Juni 2011.

PKS pada pemilu 2009 lalu sanggup meraih dukungan suara lebih dari 5 persen. Mestinya dengan segala persiapan dan strategi kampanye yang lebih dimatangkan tak akan menemui kesulitan untuk memenangkan pemilu 2014 jika ambang batas parlemen dinaikkan menjadi 5 persen.

Tapi kenapa PKS meminta ambang batas parlemen itu hanya naik jadi 3 persen?

"Sebenarnya, 5 persen itu memang bagus secara sistem. Tapi kita juga mempertimbangkan kemampuan teman-teman yang lainnya dan juga peserta-peserta baru yang mungkin akan masuk, ya kita naik bertahap sajalah. Naiknya dikit-dikit sajalah. Karena itu kita ambil jalan tengah," jawab Anis.

"Jadi kita menimbang antara kebutuhan memperbaiki sistem dan dampaknya kepada para peserta pemilu baik yang sudah ada maupun pendaftar baru pada waktu yang sama," kata Anis. (eh)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024