Butuh 6 Jam, SDA Akhirnya Kembali Pimpin PPP

Simpatisan PPP berfoto di depan spanduk Muktamar PPP di Bandung
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Seperti sudah diperkirakan sejumlah anggota Partai Persatuan Pembangunan (PPP), kandidat incumbent ketua umum PPP ‎?Suryadharma Ali (SDA) kembali terpilih menjadi Ketua Umum PPP periode 2011-2016 setelah berhasil memperoleh 859 suara.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Kepastian tersebut diketahui setelah penghitungan suara dalam muktamar VII PPP di Hotel Panghegar, Bandung, Jawa Barat, berakhir, pada Rabu, 6 Juli 2011. Suryadharma mengalahkan dua kandidat lain, yaitu Akhmad Muqowam dan Ahmad Yani.

Meskipun demikian, upaya SDA untuk menjadi orang nomor satu PPP tidak terlalu gampang. Persaingan perolehan suara sempat berjalan cukup seru.

Dalam perhitungan suara, sempat terjadi kejar mengejar suara antara Suryadharma dengan Akhmad Muqowam khususnya di awal penghitungan. Bahkan beberapa kali, Muqowam berhasil menyalip suara Suryadharma. Hal tersebut membuat suasana dalam forum muktamar ramai dan lebih hidup karena para peserta saling bersorak-sorak.

Kemenangan SDA ini sebenarnya sudah dapat diprediksi sebelumnya yaitu dengan dukungan dari 25 DPW terhadap dirinya dalam pandangan umum LPJ pengurus DPP. Selain itu, faktor incumbent dan posisinya sebagai Menteri Agama turut memegang peran penting.

Sementara itu, kandidat lain, Ahmad Muqowam memperoleh 281 suara dan Ahmad Yani hanya dapat mengumpulkan 39 suara. Yani menempati urutan terakhir dalam kompetisi politik tersebut. Dan, 4 suara dinyatakan rusak atau batal serta satu dinyatakan abstein. Jumlah total suara secara keseluruhan adalah 1184 suara.

Pemungutan suara sendiri dilaksanakan selama sekitar enam jam, dari pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 02.30 WIB. Shalawat dan takbir mewarnai kemenangan SDA untuk kedua kalinya tersebut.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dalam sambuta kemenangannya, SDA mengatakan bahwa kemenangannya kali ini adalah sesuatu yang luar biasa.

"Saya merasakan dinamika yang dinamis, rapat pleno memutuskan saya sebagai ketua umum terpilih periode 2011-2016. Tidak lepas dari penghargaan yang saudara-saudara berikan pada saya, ini sesuatu yang sangat luar biasa, tidak ada kata lain yang dapat saya katakan selain terima kasih sebesar-besarnya," ujar Suryadharma.

Dia menyatakan dirinya bertekad akan memperbaiki kinerja demi mengembalikan kejayaan PPP. Karena, baginya, terpilihnya dirinya sebagai ketua umum PPP adalah amanah dan harapan untuk menjadikan PPP dapat lebih baik lagi dimasa-masa akan datang.

"Saya berjanji saya akan bekerja lebih keras lagi untuk merebut masa depan PPP yang lebih gemilang lagi. Ini merupakan penghargaan tiada terkira kepada saya dan keluarga," katanya.

Tidak lupa, politisi yang menjabat sebagai Menteri Agama itu mengucapkan terimakasih kepada dua pesaingnya, yaitu Akhmad Muqowam, Ahmad Yani yang telah memanfaatkan demokrasi di PPP.

"Saya sadar betul, kepercayaan yang diberikan saya ini haruslah ditindaklanjuti dengan kerja keras dan kerja secara bersama-sama. Bersama anda semua Insya Allah kita akan menapaki kemenangan, kebaikan dan tentu bisa menempatkan PPP yang dicintai oleh rakyat dan meningkatkan partisipasi terhadap kebaikan bangsa," ungkapnya.

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024