Tifatul: Ada Kementerian Belum Lapor ke UKP4

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menyatakan, sebenarnya beberapa kementerian sudah menjalankan instruksi Presiden tapi belum dilaporkan ke Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Karena itu, Tifatul membantah jika dikatakan kinerja menteri tidak maksimal dan gagal.

"Sebenarnya sudah dilaksanakan namun belum dilaporkan kepada Pak Kuntoro," ujar Tifatul Sembiring menyebut Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, Jakarta, Jumat 8 Juli 2011.

Jadi, "Bukan tidak maksimal, tetapi Presiden mendapatkan laporan dari UKP4 bahwa sejumlah instruksi beliau belum dilaksanakan. Nah kemudian para menteri mempersiapkan jawaban bahwa mana saja yang belum maksimal. Ini tidak gagal, hanya belum selesai saja. Biasa kontrol di tengah perjalanan, hasilnya kan baru bisa dilihat akhir tahun," ujarnya.

Menurut Tifatul, laporan UKP4 ini merupakan sesuatu yang rutin dilakukan untuk melakukan pengawasan terhadap program-program yang dilaksanakan. "Saya rasa ini bagus karena selalu harus ada pengawasan. Tidak bisa kita bekerja untuk negara dan amanat rakyat tapi tidak memperhatikan kekurangan atau keterlambatan. Saya rasa peran UKP4 sudah tepat," ujar Tifatul.

Tifatul sendiri mengklaim, kementeriannya selalu melaksanakan berbagai Inpres yang dikeluarkan Presiden. "Inpres bulan Januari ada dua belas. Setiap bulan, dalam sidang kabinet Presiden selalu  memberi penekanan. Satu bulan saja 12 jumlahnya," kata Tifatul.

Instruksi Presiden ini, macam-macam ganjalannya. Jika instruksi membuat Undang-undang, maka tergantung pembicaraan dengan Dewan Perwakilan Rakyat. "Adapun yang lain-lain secara umum misalnya anggarannya belum turun. Jadi yang dimaksud UKP4 itu bukan inpres dalam bentuk keputusan tetapi arahan presiden di sidang-sidang kabinet," kata dia.

Laporan Luqman Rimadi

Kenaikan Cukai Picu Turunnya Produksi Rokok dan Penerimaan Negara
Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro. Muhammad AR/VIVA

Libur Panjang, Wisatawan Bisa Hubungi Kapolres Bogor Jika Kena Pungli Preman

Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengajak wisatawan melaporkan jika kedapatan terkena pungli oleh preman atau Ormas saat berwisata ke wilayah Kabupaten Bogor, Jawa.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024