Jusuf Kalla: Partai Seperti Bisnis Asuransi

Jusuf Kalla dan buku berjudul "Pak Kalla Dan Presidennya'
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berpidato di hadapan massa Partai Nasdem yang resmi dideklarasikan hari ini di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta. Mantan Ketua Umum Golkar itu menyatakan tentang menipisnya perbedaan antara partai-partai.

"Perbedaan antara partai sangat tipis. Partai berdasar agama, tidak lagi bisa disebut berdasar agama karena semakin terbuka," kata Jusuf Kalla, Selasa 26 Juli 2011.

Dewasa ini, kata Jusuf Kalla, partai berbasis ideologi tidak lagi menjadi bagian yang menyatukan. Kemudian apa yang membedakan partai itu? "Kalau yang membedakan programnya, hampir semua programnya sama. Karena memang itulah kebutuhan bangsa ini," kata Jusuf Kalla.

Kalla menyatakan, pernyataannya ini berbasis survei. Semua survei menemukan loyalitas pada partai rendah, potensi berpindah partai tinggi.

Karena itu, penting bagi partai untuk membuat perbedaan. Perbedaannya, kata Jusuf Kalla, adalah rekam jejak. "Memperjuangkan rakyat, tidak bicara A tapi kenyataan B," kata Jusuf Kalla.

Rekam jejak itu menyangkut kepercayaan. Sehingga Jusuf Kalla melihat, partai itu seperti bisnis asuransi. Tidak ada jaminan dari pihak asuransi, namun seorang nasabah mempercayakan uangnya pada perusahaan asuransi.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

"Artinya, bagaimana perusahaan asuransi bisa menjaga kepercayaan," kata Jusuf Kalla. (Laporan Arnes Ritonga | Jakarta Utara, umi)

Rizky Nazar

Rizky Nazar Unggah Foto Bareng Syifa Hadju dan Ibunya, Buat Pembuktian?

Kabar tak sedap sempat menerpa hubungan asmara Rizky Nazar dan Syifa Hadju beberapa waktu lalu. Rizky Nazar dikabarkan telah berselingkuh dengan Salshabilla Adriani.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024